Ryan Giggs Ungkap Peran Penting Louis van Gaal Dalam Karier Kepelatihannya

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 08 Juni 2020 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 08 51 2226405 ryan-giggs-ungkap-louis-van-gaal-berperan-lebih-penting-dibanding-alex-ferguson-Gv8ZT6McZm.jpg Ryan Giggs. (Foto/Ryan Giggs)

CARDIFF - Ryan Giggs mengungkapkan siapa sosok yang berperan lebih penting dalam karier kepelatihannya. Giggs menyatakan bahwa Louis van Gaal jauh berperan penting dibandingkan dengan mantan bosnya terdahulu di Manchester United, Sir Alex Ferguson. 

Giggs yang merumput di Old Trafford di bawah kepemimpinan Ferguson, telah memenangkan 13 gelar Liga Inggris serta mengangkat 2 trofi Liga Champions. Pria asal Wales itu bermain bersama The Red Devils—julukan Man United—selama 23 tahun, sebelum gantung sepatu pada 2014.

Baca juga: Giggs Nilai Duet Pogba dengan Bruno Fernandes Harusnya Berjalan Baik

Setelah pensiun, Giggs sempat menjadi pelatih sementara Man United setelah David Moyes dipecat. Setelah itu ia menjadi asisten Van Gaal selama dua musim atau tepatnya pada 2014-2015 dan 2015-2016. 

Foto/Man United

Meski Van Gaal banyak dikritik karena taktik dan gaya kepelatihannya saat memimpin skuad Man United, tak membuat Giggs memandang remeh pria asal Belanda itu. Pria yang kini berstatus sebagai pelatih tim nasional (Timnas) Wales, memuji Van Gaal tersebut karena membantu dia dalam karier kepelatihannya. 

"Selama dua tahun bersama Louis, saya mengikuti pertemuan dan bertanggung jawab dalam dunia kepelatihan. Dia memiliki peran dalam dunia kepelatihan pertama saya,” kata Giggs mengutip Podcast Man United via Goal Internasional, Senin (8/6/2020).

Legenda Man United tersebut mengatakan bahwa dirinya mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan video permainan lawan sekira 8 menit saat sebagai pemain. Namun ketika Giggs menjadi pelatih, situasinya berubah. 

“Itu benar-benar berbeda, meskipun Anda sudah lama bekerja di bawah manajer (Sir Alex Ferguson). Sedangkan dengan Louis, saya melihat secara langsung sistem yang berbeda, mengapa Anda memainkan sistem yang berbeda, alasan ini dan alasan itu, itu adalah pengalaman yang sangat bagus," tutur pria 46 tahun tersebut. 

Giggs menjadi pelatih sementara Man United dalam empat pertandingan. Kemudian menikmati dua tahun bersama Van Gaal sebelum meninggalkan Man United pada 2016 setelah kedatangan Jose Mourinho. 

“Pengalaman luar biasa dan sungguh waktu luar biasa yang membuat saya memutuskan saya ingin menjadi seorang manajer,” kata Giggs, seraya menambahkan bahwa dirinya masih tidak percaya dengan keputusannya menjadi pelatih. 

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini