nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Virus Corona Munculkan Kompetisi Liga Champions Tandingan, Apa Itu?

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 16 Maret 2020 15:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 16 261 2184122 virus-corona-munculkan-kompetisi-liga-champions-tandingan-apa-itu-bnjb9dDhTv.jpg Juventus berpotensi turun di Liga Super Eropa 2020-2021. (Foto: @juventusfc)

MANCHESTER – Eks pemain Manchester United, Darren Fletcher, menilai mewabahnya virus corona membuat sejumlah klub elite Eropa semakin optimistis untuk membentuk kompetisi tandingan Liga Champions, yakni Liga Super Eropa. Ia menilai, musim depan Liga Super Eropa berpotensi digelar.

Sebelumnya, sejumlah klub yang tergabung di Asosiasi Klub Eropa (ECA) berencana menggelar Liga Champions tandingan. Hal itu dilakukan karena mereka geram dengan format Liga Champions bentukan UEFA, yang dinilai terlalu mementingkan komersial.

Andrea Agnelli

(Andrea Agnelli, Presiden ECA)

Awalnya, Liga Super Eropa yang akan diikuti sejumlah tim seperti Juventus, Real Madrid dan Barcelona itu mulai bergulir pertengahan 2024. Namun, Fletcher menilai di tengah kekacauan jadwal kompetisi antarklub Eropa karena virus corona, penyelenggaraan Liga Super Eropa bisa dimulai lebih cepat, atau lebih tepatnya awal musim depan.

BACA JUGA: Sejumlah Pemain dan Staf Persib Bandung Jalani Tes Corona

“Mungkin ini (mewabahnya virus corona) menjadi peluang bagi sejumlah klub Eropa untuk membuat Liga Champions tandingan,” kata Fletcher mengutip dari Daily Mail, Senin (16/3/2020).

Mewabahnya virus corona memang menganggu mayoritas kompetisi elite Eropa, termasuk Liga Champions dan Liga Eropa 2019-2020. Sejauh ini, baik Liga Champions dan Liga Eropa baru mempertandingkan hingga babak 16 besar.

Rencananya jika kompetisi kembali digulirkan, babak perempatfinal, semifinal dan final akan menggunakan format single match. Untuk semifinal dan final, semua pertandingan akan dilangsungkan di Istanbul, Turki.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini