nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Arsenal vs Olympiakos, The Gunners Gugur di Babak 32 Besar

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 28 Februari 2020 05:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 28 51 2175340 arsenal-vs-olympiakos-the-gunners-gugur-di-babak-32-besar-OWQatgE6ju.jpg Alexandre Lacazette (Foto: UEFA)

LONDON Arsenal melawan Olympiakos pada leg II babak 32 besar Liga Eropa 2019-2020. Pada pertandingan yang berlangsung di Emirates Stadium, Jumat (28/2/2020), dini hari WIB itu, Arsenal kesulitan untuk menembus pertahanan tim tamu. Babak pertama bahkan berakhir dengan skor kacamata.

Pada babak kedua, Arsenal tertinggal lebih dulu dan keadaan itu bertahan sampai akhir pertandingan. Babak tambahan waktu pun dimainkan untuk menemukan pemenang pertandingan.

Patut disayangkan, pemenang pertandingan bukanlah Arsenal. Arsenal pada kalah 1-2 dari Olympiakos. Secara agregat, kedudukan sama kuat 2-2 tetapi aturan gol tandang membuat Olympiakos lolos ke babak 16 besar.

Arsenal (Foto: UEFA)

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Arsenal memulai pertandingan dengan baik. Tim asuhan Mikel Arteta itu mampu mengusai bola lebih banyak dari tim tamu. Akan tetapi, hingga 10 menit pertandingan bergulir belum ada peluang matang yang didapatkan Arsenal.

Sementara itu, Olympiakos mengandalkan serangan balik untuk mendapatkan gol di kandang Arsenal. Pertandingan lalu berjalan agak membosankan karena permainan berjalan satu arah, yakni ke pertahanan Olympiakos. Akan tetapi, Arsenal justru hampir kecolongan pada menit 36.

Mady Camara mampu menerobos pertahanan Arsenal. Camara tinggal melepaskan tembakan untuk membuat gol tetapi dalam waktu singkat ia sudah dikepung oleh David Luiz dan Bernd Leno. Sudut yang menyempit membuat Camara gagal mencetak gol.

Arsenal pun jadi lebih berhati-hati saat melancarkan serangan. Arsenal mencoba menembus pertahanan Olympiakos kembali tetapi operan-operan pendek mereka kerap diputus sebelum sampai di kotak penalti. Alhasil, babak pertama berakhir dengan skor kacamata.

Babak Kedua:

Arsenal memasuki babak kedua dengan keinginan membuat gol ke gawang Olympiakos. Akan tetapi, gawang Arsenal justru kebobolan gol lebih dulu pada menit 53. Adalah Pape Abou Cisse yang mencatatkanya namanya di papan skor, setelah memanfaatkan sepak pojok Mathieu Valbuena.

Gol Olympiakos membuat Arsenal terkejut. Permainan Arsenal sempat berantakan untuk beberapa saat tetapi perlahan-lahan tim tuan rumah dapat menguasai situasi kembali. Meski begitu, Arsenal masih belum mampu menciptkan peluang matang.

Pada menit 76, Nicolas Pepe melepaskan sepakan melengkung ke gawang Olympiakos. Bola sayangnya masih dapat diselamatkan kiper Olympiakos, Jose Sa. Arsenal terus berusaha untuk mendapatkan gol penyeimbang kedudukan.

Sebab, hasil imbang 1-1 sudah cukup mengantarkan Arsenal lolos ke babak 16 besar. Secara agregat Arsenal akan menang 2-1 atas Olympiakos. Akan tetapi, gol yang dinanti tidak tercipta sehingga pertandingan pun dilanjutkan ke babak tambahan.

Babak Tambahan:

Arsenal yang butuh gol penyeimbang kedudukan mencoba untuk membongkar pertahanan Olympiakos. Beberapa peluang didapat Arsenal tetapi tidak ada yang berbahaya. Setelah 15 menit perpanjangan waktu pertama berlalu, tidak ada perubahan di papan skor.

Angin segar mengarah ke Arsenal pada 15 menit kedua perpanjangan waktu. Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol pada menit 113 sehingga kedudukan berubah jadi 1-1. Akan tetapi, kedudukan itu tidak bisa dipertahankan Arsenal karena Olympiakos membuat gol kedua pada menit 119 melalui Youssef El-Arabi. Gol itu membuat Arsenal kalah 1-2 di Emirates Stadium sekaligus menyingkirkan mereka dari Liga Eropa.

Berikut susunan pemain Arsenal vs Olympiakos:

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno; Hector Bellerin, Shkodran Mustafi, David Luiz, Bukayo Saka; Dani Ceballos, Granit Xhaka; Pierre-Emerick Aubameyang (captain), Mesut Ozil, Nicolas Pepe; Alexandre Lacazette.

Cadangan: Emiliano Martinez, Sokratis Papastathopoulos, Ainsley Maitland-Niles, Lucas Torreira, Joe Willock, Matteo Guendouzi, Gabriel Martinelli.

Pelatih: Mikel Arteta

Olympiakos (4-3-3): Jose Sa; Omar Elabdellaoui (captain), Ousseynou Ba, Pape Abou Cisse, Kostas Tsimikas; Guilherme, Mady Camara, Andreas Bouchalakis; Lazar Randelovic, Youssef El-Arabi, Mathieu Valbuena.

Cadangan: Ilias Karargyris, Bruno Gaspar, Vasilis Torosidis, Avraam Papadopoulos, Maximiliano Lovera, Giorgos Masouras, Emiliano Bullari.

Pelatih: Pedro Martins

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini