nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021, Stadion Utama Riau Mesti Dibenahi

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 16:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 13 51 2167960 ingin-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-u-20-2021-stadion-utama-riau-mesti-berbebah-7Vcxpgu2c7.jpg Penampakan terkini Stadion Utama Riau. (Foto: Banda Haruddin Tanjung/Okezone)

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau mengusulkan menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia pada Mei-Juni 2021. Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, masih banyak pekerjaan rumah jika Stadion Utama Riau ingin jadi venue Piala Dunia U-20 2021.

Hal itu dikatakan Iwan Bule –sapaan akrab Iriawan– saat melakukan peninjauan Stadion Utama Riau di kawasan Panam, Pekanbaru Kamis (13/2/2020) siang WIB. Ia menyebut rumput Stadion Utama Riau saat ini tidak layak untuk ajang sekelas Piala Dunia.

Stadion Utama Riau

(Ketum PSSI saat mengunjungi Stadion Utama Riau)

"Rumput Stadion Utama Riau ini tidak standar FIFA, jadi harus dibongkar," kata Iwan Bule, Kamis (13/2/2020).

Selain itu, PSSI juga banyak mempunyai catatan terkait stadion eks PON Riau tahun 2012 tersebut. Catatan lain adalah tangga di area Stadion Utama Riau yang dapat menyebabkan pemain cedera. Sebab, tangga stadion tidak dilapisi karpet.

"Tidak bisa pakai tangga biasa, harus pakai karpet sehingga para pemain tidak cieera," imbuhnya.

BACA JUGA: 6 Stadion Ditunjuk FIFA Gelar Pertandingan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia

Jendral bintang tiga Polri ini juga menilai, di luar Stadion Utama Riau terlihat semrawut. Karena itu, ia meminta Pemerintah Provinsi Riau memperbaiki jika nantinya terpilih sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20 2021.

"Secara kasat mata, di luar harus ada perbaikan-perbaikan penampilan," imbuhnya sambil menyatakan kursi stadion juga harus ada pembenahan.

Saat ini banyak daerah yang juga menawarkan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Riau merupakan salah satu nominasi. Bisa diterima atau tidak, tergantung kelayakan stadion.

"Yang terpenting bagaimana mempercepat perbaikan stadion. Atensi kepala daerah disini menjadi catatan kami, apakah Stadion Utama Riau layak atau tidak. Setelah ini kami akan melihat stadion lainnya," lanjut Iwan.

Sebelumnya ada enam stadion yang disebut-sebut akan menggelar pertandingan Piala Dunia U-20 2021. Keenam stadion itu adalah Stadion Gelora Utama Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Manahan (Solo), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali). Hanya saja, perubahan venue masih bisa terjadi tergantung kondisi terkini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini