nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gol Salto Pemain Timnas Iran Batalkan Kemenangan Chelsea

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 01 Januari 2020 21:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 01 45 2148286 gol-salto-pemain-timnas-iran-batalkan-kemenangan-chelsea-xHXCYFMVMt.jpg Gol salto Alireza Jahanbakhsh paksa Chelsea gigit jari (Foto: Premier League)

FALMER – Chelsea mengawali tahun baru dengan hasil imbang 1-1 di kandang Brighton and Hove Albion pada pekan 21 Liga Inggris 2019-2020, Rabu (1/1/2020) malam WIB. Gol tembakan salto pemain Tim Nasional (Timnas) Iran, Alireza Jahanbakhsh, pada menit 80, membatalkan poin penuh yang sudah di depan mata.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Kemenangan atas Arsenal pada pekan sebelumnya berarti banyak buat Chelsea. Cesar Azpilicueta dan kolega tampil enerjik sejak awal laga. Hasilnya langsung mereka peroleh pada menit 10 berkat gol yang diciptakan sang kapten lewat situasi sepak pojok.

Cesar Azpilicueta menaklukkan Matthew Ryan dari jarak dekat (Foto: Premier League)

Baca juga: Gol Azpilicueta Bawa Chelsea Ungguli Brighton di Babak Pertama

Sundulan Kurt Zouma mampu diteruskan oleh Tammy Abraham ke gawang. Bola yang hendak dibuang oleh Aaron Mooy justru jatuh di kaki Azpilicueta yang berada di dekatnya. Tanpa kesalahan, pemain berpaspor Spanyol itu langsung mencetak gol.

Brighton tak bisa berbuat banyak usai gol tersebut. Satu peluang didapat Adam Webster untuk menyamakan skor di menit 30, tetapi sundulannya meleset dari gawang Kepa Arrizabalaga. Sementara itu, Chelsea memilih menjaga keunggulannya sehingga babak pertama berakhir dengan skor 1-0.

Babak Kedua

Kedua kesebelasan memulai paruh akhir dengan lambat. Chelsea baru bisa mendapat peluang pada menit 54 lewat sepakan Christian Pulisic. Akan tetapi, masih mampu diselamatkan oleh Matthew Ryan. Semenit kemudian giliran upaya Mason Mount yang masih bisa diblok lini belakang The Seagulls.

Pulisic kembali mendapat peluang di menit 67. Kali ini tembakannya masih terlalu lemah sehingga bisa diamankan dengan mudah oleh Ryan. Brighton baru bisa mendapat peluang terbaik untuk mencetak gol pada menit 80 memanfaatkan situasi tendangan bebas.

Brighton and Hove Albion memberi perlawanan di babak kedua (Foto: Premier League)

Kemelut tercipta di depan gawang Kepa Arrizabalaga karena bola tendangan bebas jatuh gagal disapu dengan bersih. Situasi itu dimanfaatkan Aaron Connolly untuk menyepak si kulit bundar. Akan tetapi, Kepa masih sigap untuk mementahkan bola dari jarak dekat.

Usaha tuan rumah untuk menyamakan kedudukan akhirnya berbuah pada menit 84. Tembakan salto Alireza Jahanbakhsh, menyambut umpan sundulan Lewis Dunk, sukses merobek jala gawang Chelsea. Brighton bahkan bisa berbalik unggul andai usaha Neal Maupay tidak dihentikan Kepa pada menit 89.

Itu menjadi gol terakhir pada laga tersebut. Kedua kesebelasan harus puas berbagi angka pada laga pertama Tahun Baru.

Susunan Pemain

Brighton and Hove Albion: Matthew Ryan; Martin Montoya, Adam Webster, Lewis Dunk, Dan Burn (Bernardo 22’); Davy Propper, Yves Bissouma (Aaron Connolly 46’); Steven Alzate, Aaron Mooy (Alireza Jahanbakhsh 68’), Leandro Trossard; Neal Maupay

Cadangan: David Button, Bernardo, Aaron Conolly, Alireza Jahanbakhsh, Dale Stephens, Pascal Gross, Shane Duffy

Manajer: Graham Potter

Chelsea: Kepa Arrizabalaga; Reece James, Antonio Rudiger, Kurt Zouma, Cesar Azpilicueta; N’Golo Kante, Willian Borges; Jorginho, Mason Mount (Mateo Kovacic 72’), Christian Pulisic (Callum Hudson-Odoi 61’); Tammy Abraham

Cadangan: Willy Caballero, Mateo Kovacic, Callum Hudson-Odoi, Michy Batshuayi, Emerson Palmieri, Tariq Lamptey, Andreas Christensen

Manajer: Frank Lampard

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini