nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bambang Pamungkas Pensiun, PSSI: Selamat atas Karier Fantastisnya!

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 18 Desember 2019 00:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 18 49 2143192 bambang-pamungkas-pensiun-pssi-selamat-atas-karier-fantastisnya-sE2wKHnZ4b.jpg Bambang Pamungkas (Foto: AFP/Adek Berry)

JAKARTA Bambang Pamungkas memutuskan gantung sepatu setelah 20 tahun berkarier sebagai pesepakbola profesional. Bepe –sapaan akrab Bambang– menyampaikan sendiri kabar pensiun itu setelah Persija Jakarta kalah 1-2 dari Persebaya Surabaya dalam laga lanjutan pekan ke-33 Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Utama Bung Karno (SUGBK), Selasa 17 Desember 2019, malam WIB.

Banyak pihak mengucapkan salam perpisahan untuk legenda hidup sepakbola Indonesia itu setelah ia menyatakan pensiun. Induk sepakbola Indonesia, PSSI tidak ketinggalan menyampaikan salam perpsiahan kepada Bepe melalui akun twitter, @PSSI.

Salam perpisahan PSSI kepada Bambang Pamungkas (Foto: Twitter/@PSSI)

PSSI mengucapkan selamat atas karier Bepe yang luar biasa. Bepe tidak hanya cemerlang di level klub bersama Persija, Selangor FA, Pelita Bandung Raya dan NHC Norad tetapi juga dengan Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Pria kelahiran Getas, Semarang 39 tahun yang lalu itu merupakan langganan Timnas Indonesia sejak 1999-2013.

BACA JUGA: Putuskan Pensiun, Ini Salam Perpisahan Bambang Pamungkas kepada Persija

Bepe mengoleksi 86 penampilan dengan sumbangan 38 gol untuk Timnas Indonesia. Namanya berada di peringkat dua dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa Timnas Indonesia. Bepe berselisih 19 gol dari Soetjipto Soentoro yang berada di posisi pertama.

Bambang Pamungkas (Foto: Instagram/@bepe20)

Meski berada di posisi kedua dalam urusan mencetak gol tetapi Bepe merupakan pemain yang paling sering tampil untuk Timnas Indonesia. Bepe unggul 18 penampilan dari Soetjipto yang berada di posisi kedua dalam daftar pemilik caps terbanyak untuk Timnas Indonesia. Sederet fakta itu mengukuhkan status legenda sepakbola Indonesia yang diemban Bepe.

Satu-satunya kekurangan Bepe ialah ia belum mampu mempersembahkan gelar juara untuk Timnas Indonesia. Akan tetapi, itu tidak akan merusak nama besarnya di sepakbola Indonesia. Bepe akan selalu dikenang sebagai salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Timnas Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini