nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sikat PSIS 2-0, Persipura Naik ke Peringkat 2 Klasemen Liga 1 2019

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 04 Desember 2019 17:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 04 49 2137978 sikat-psis-2-0-persipura-naik-ke-peringkat-2-klasemen-liga-1-2019-UZjvzAxCr5.jpg Persipura Jayapura menang 2-0 atas PSIS Semarang (Foto: Twitter/PSIS Semarang)

SIDOARJO – Persipura Jayapura kembali ke jalur kemenangan usai menyikat PSIS Semarang 2-0 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, pada pekan 30 Liga 1 2019, Rabu (4/12/2019) sore WIB. Kedua gol disumbangkan Titus Bonai (8’) dan Mamadou Samassa (72’)

Jalannya Pertandingan

Meski bertindak sebagai tim tamu, PSIS Semarang coba mengambil inisiatif serangan. Namun, Persipura yang bisa unggul lebih dulu lewat sepakan setengah voli Titus Bonai di menit delapan. Ia dengan cerdik memanfaatkan celah sempit yang terbuka antara kiper Endang Subrata dengan tiang dekat.

Baca juga: Persela Permalukan Persib 2-0 di Bandung

PSIS baru bisa sekadar mengancam gawang Persipura pada menit 29. Sebab, tembakan salto Bruno Silva masih menyamping dari gawang kawalan Dede Sulaiman. Gelandang asal Brasil itu kembali membuang peluang pada menit 37 karena tembakan jarak jauhnya masih melebar dari sasaran.

Tibo –sapaan akrab Titus Bonai- gagal membawa Persipura unggul 2-0 saat turun minum. Meski sudah berhadapan satu lawan satu dengan Endang Subrata di menit 42, ia tidak bisa mencetak gol. Keunggulan tipis 1-0 bertahan hingga jeda.

Tim tamu kembali mencoba menggebrak di awal-awal babak kedua. Akan tetapi, mereka masih sulit mendekati gawang Dede Sulaiman. Peluang pertama di paruh akhir didapat Persipura Jayapura lewat eksekusi tendangan bebas Ian Louis Kabes di menit 53, tetapi masih melambung.

Selang dua menit, PSIS mendapat peluang emas lewat kaki Bruno Silva. Sayang, tembakannya dari dalam kotak penalti terlalu lemah sehingga bisa diamankan Dede. Alih-alih menyamakan skor, justru tim tuan rumah yang menambah keunggulan pada menit 72.

Pergerakan Ibrahim Conteh diakhiri dengan umpan silang mendatar ke mulut gawang PSIS. Boaz Solossa yang coba menyambut umpan, gagal, tetapi bola bergulir ke arah Mamadou Samassa di tiang jauh yang tidak membuang kesempatan untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Kedudukan bertahan hingga akhir pertandingan. Mutiara Hitam berhasil naik ke posisi dua klasemen sementara dengan nilai 47, menggeser Borneo FC ke peringkat tiga yang mengumpulkan poin 46 sehingga membuat persaingan sebagai runner-up kian ketat.

Susunan Pemain

Persipura Jayapura: Dede Sulaiman; Yustinus Pae, Andre Ribeiro, Ricardo Salampessy, Yohanis Tjoe; Muhammad Tahir, Ian Louis Kabes, Ibrahim Conteh; Titus Bonai (Boaz Solossa 68’), Mamadou Samassa (Gunansar Mandowen 88’), Todd Rivaldo Ferre (Immanuel Wanggai 59’)

Cadangan: Fitrul Rustapa, Valentino Telaubun, Evraim Toncy Awes, Immanuel Wanggai, Oh In-kyun, Gunansar Mandowen, Boaz Solossa

Pelatih: Jacksen F. Tiago

PSIS Semarang: Endang Subrata; Safrudin Tahar, Wallace Costa (Muhammad Rio 78’), Fredyan Wahyu, Frendi Saputra; Bayu Nugroho (Andreas Crismanto 70’), Finky Pasamba; Komarudin, Jonathan Cantillana (Eka Febri 81’), Hari Nur Yulianto; Bruno Silva

Cadangan: Joko Ribowo, Muhammad Rio Saputro, Riyan Ardiansyah, Soni Setiawan, Andreas Crismanto Ado, Eka Febri Yogi Setiawan, Tegar Infantrie

Pelatih: Bambang Nurdiansyah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini