nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadwal Drawing Piala Eropa 2020 dan Mekanisme Pengundiannya

Ezha Herdanu, Jurnalis · Sabtu 30 November 2019 10:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 30 51 2136319 jadwal-drawing-piala-eropa-2020-dan-mekanisme-pengundiannya-lllLrmMDzH.jpg Logo Piala Eropa 2020 (Foto: uefa.com)

BUKAREST – Setelah usainya babak kualifikasi, Piala Eropa 2020 bakal segera memasuki fase baru, yakni putaran final. UEFA selaku induk sepakbola Eropa pun bakal menggelar drawing Piala Eropa 2020 di Bukarest pada malam nanti atau tepatnya pukul 23.00 WIB.

Untuk Piala Eropa 2020 mekanisme pengundiannya memang sedikit lebih membingungkan dibandingkan gelaran-gelaran sebelumnya. Hal tersebut terjadi lantaran UEFA menunjuk 12 negara sebagai penyelengara Piala Eropa 2020.

Ke-12 negara yang terpilih oleh UEFA sebagai tuan rumah Piala Eropa antara lain adalah: Belanda, Italia, Inggris, Spanyol, Hungaria, Denmark, Azerbaijan, Republik Irlandia, Jerman, Rusia, Rumania, serta Skotlandia.

Timnas Jerman

Sejauh ini baru tujuh tuan rumah yang sudah memastikan diri mereka lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Sementara empat tim lainnya, yakni Skotlandia, Republik Irlandia, Rumania dan Hungaria masih harus menentukan nasib mereka melalui jalur playoff yang bakal berlangsung pada Maret 2020.

Baca Juga: Hasil Undian Playoff Piala Eropa 2020

Karena terlalu banyaknya tuan rumah yang dipilih untuk menyelengarakan Piala Eropa 2020, tidak ada Negara yang lolos otomatis ke putaran final pesta sepakbola empat tahunan tersebut. Alasannya mengurangi jatah timnas negara lain di Eropa yang berjuang melalui kualifikasi, lantaran hanya tersisa 12 tempat saja.

Dengan perbedaan ini, mekanisme drawing fase grup Piala Eropa 2020 pun juga mengalami perubahan, meski tak terlalu signfikan. Yang mana enam tim untuk unggulan teratas di Pot 1, enam tim unggulan kedua di Pot 2 dan begitu seterusnya hingga Pot 3 dan Pot 4.

Baca Juga: 20 Tim Lolos ke Piala Eropa 2020

Untuk undian drawing Piala Eropa 2020 pun bakal diambil satu tim dari pot satu untuk menghuni di setiap grup dari A hingga F. Pot satu sendiri dihuni oleh sejumlah tim unggulan macam Italia, Spanyol, serta Jerman.

Pot 1: Belgia, Italia (tuan rumah), Inggris (tuan rumah), Jerman (tuan rumah), Spanyol (tuan rumah), Ukraina.

Pot 2: Prancis, Polandia, Swiss, Kroasia, Belanda (tuan rumah), Rusia (tuan rumah).

Pot 3: Portugal, Turki, Denmark (tuan rumah), Austria, Swedia, Republik Ceko.

Pot 4: Wales, Finlandia, juara playoff Jalur A, juara playoff Jalur B, juara playoff Jalur C, juara playoff Jalur D.

Sementara untuk pembagian grup terhadap tuan rumah Piala Eropa 2020 sudah ditentukan sebelum drawing malam nanti. Yang mana Italia adalah tuan rumah Grup A Piala Eropa. Gli Azzurri sejatinya ditemani oleh Azerbaijan. Namun karena Negara pecahan Uni Soviet itu urung lolos, maka hanya Italia tuan rumah aktif di Grup A Piala Eropa 2020 dengan bakal meladeni setiap tim dari tiga pot lainnya.

Di Grup B, ada Rusia dan Denmark yang sudah berstatus sebagai tuan rumah. Kedua juga sudah dipastikan bakal meladeni Belgia. Sementara satu tim tersisa bakal diambil dari pot empat antara Wales atau Finlandia.

Belanda yang berstatus sebagai tim unggulan kedua dipastikan bakal masuk Grup C karena memang sudah diplot sebagai tuan rumah grup tersebut. Sedangkan satu tuan rumah lainnya, yaitu Rumania, masih harus melalui babak playoff. Di grup C, Belanda sudah dipastikan bakal menghadapi Ukraina dan satu tim dari plot 3.

Timnas Belanda

Inggris yang juga berstatus tuan rumah bakal menghuni Grup D bersama Skotlandia –jika bisa lolos melalui jalur playoff. Skuad The Three Lions bakal meladeni masing-masing satu tim dari plot dua dan tiga di grup ini.

Baca Juga: Kritisi Format Piala Eropa 2020, De Bruyne: Ini seperti Kompetisi Palsu

Di Grup E ada Spanyol yang bakal berstatus sebagai tuan rumah. Spanyol sendiri berpeluang ditemani oleh Hungaria sebagai tuan rumah lainnya di grup ini andaikan bisa lolos dari babak playoff. Sementara Jerman sebagai tuan rumah Grup F. Sama seperti Spanyol dan Belanda, Jerman juga berpotensi ditemani oleh Hungaria jika lolos dari babak playoff.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini