nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Penyerang Top Eropa yang Sedang On Fire

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 13 November 2019 12:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 13 51 2129233 5-penyerang-top-eropa-yang-sedang-on-fire-9ekNEi46mu.jpg Ciro Immobile lebih tajam daripada Cristiano Ronaldo di Serie A (Foto: Twitter/SS Lazio)

GOL adalah parameter utama dari ketajaman seorang penyerang kelas dunia. Kemampuan untuk menjaringkan si kulit bundar ke gawang lawan amat diagung-agungkan oleh para pecinta sepakbola. Bukti paling sahih adalah dominasi para penyerang haus gol di daftar peraih trofi Ballon dOr atau pemain terbaik dunia versi FIFA.

Menjaga ketajaman di depan mulut gawang adalah persoalan lain dari seorang striker. Konsistensi untuk mencetak gol merupakan jaminan terus bermain di setiap pertandingan. Empat bulan sudah musim 2019-2020 berlalu dan sejumlah striker sukses menunjukkan keahliannya membobol gawang lawan.

Beberapa di antara striker yang diulas di bawah kini sedang berstatus sebagai top skor pada liga masing-masing, atau punya torehan gol yang mengagumkan. Berikut lima penyerang top Eropa yang sedang panas, dilansir dari Sportskeeda, Rabu (13/11/2019).

5. Jamie Vardy

Penyerang yang satu ini merupakan aktor utama di balik pencapaian gemilang Leicester City sebagai kampiun Liga Inggris 2015-2016. Entah kebetulan atau tidak, grafik penampilan The Foxes musim ini juga sedikit banyak dibantu oleh ketajaman Jamie Vardy.

Jamie Vardy berstatus top skor sementara Liga Inggris (Foto: Premier League)

Pemain berusia 32 tahun itu selalu konsisten menorehkan gol dalam jumlah dua digit setelah menjadi top skor pada musim 2015-2016 dengan 24 gol. Batasan dua digit sudah berhasil dicapai Jamie Vardy dalam hanya 12 penampilan di Liga Inggris 2019-2020. Ia total mengemas 11 gol hingga memasuki jeda internasional.

Argo gol tersebut menjadikan Jamie Vardy top skor sementara Liga Inggris 2019-2020. Ia mengungguli nama-nama besar yang rajin menghiasi daftar pencetak gol ulung dalam beberapa musim belakangan seperti Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Sergio Aguero.

4. Timo Werner

Dalam beberapa tahun terakhir, Tim Nasional (Timnas) Jerman seakan kehilangan sosok penyerang tajam selepas era Miroslav Klose dan Mario Gomez. Namun, kini mereka sudah mendapatkan pengganti yang tepat dalam diri Timo Werner.

Ketajaman Timo Werner bakal menarik minat klub-klub top Eropa (Foto: RB Leipzig)

Pemain berusia 23 tahun itu adalah jaminan gol di lini depan, terutama ketika berkostum RB Leipzig. Koleksi golnya hanya kalah dari seorang pemain kelas dunia dan striker yang sudah dikenal garang di mulut gawang, yaitu Robert Lewandowski, di Liga Jerman 2019-2020.

Dari 17 penampilan di semua kompetisi, Timo Werner merobek jala gawang sebanyak 15 kali. Khusus di Liga Jerman, pemain kelahiran Stuttgart itu sudah mencapai koleksi 11 gol dari 11 penampilan. Rasio gol per menitnya juga cukup apik, yaitu 82 menit untuk satu gol.

3. Ciro Immobile

Nama yang satu ini sudah tidak asing lagi sebagai bomber tajam di Liga Italia. Ciro Immobile seakan menemukan sentuhannya kembali ketika berkostum Lazio setelah bakatnya disia-siakan Borussia Dortmund dan Sevilla.

Ciro Immobile diberi plakat penanda 100 gol untuk Lazio (Foto: Twitter/SS Lazio)

Pemain berusia 29 tahun itu dua kali merebut gelar top skor Liga Italia, yakni pada 2013-2014 bersama Torino (22 gol) dan 2017-2018 bersama Lazio (29 gol). Hanya dalam 147 penampilan berkostum Gli Aquilotti sejak 2016, Ciro Immobile sudah menorehkan 100 gol.

Musim ini, pemain kelahiran Torre Annunziata itu sudah mengoleksi 14 gol dari 12 pekan di Liga Italia 2019-2020. Torehan itu membawa Ciro Immobile berstatus sebagai top skor sementara, mengungguli nama besar Cristiano Ronaldo serta pemenang musim lalu, Fabio Quagliarella.

2. Erling Braut Haaland

Nama pemain satu ini mencuat setelah memborong sembilan gol dalam kemenangan Timnas Norwegia U-20 12-0 atas Honduras, Juli 2019. Sembilan gol itu membuat pemain berusia 19 tahun tersebut sebagai top skor turnamen meski timnya tersingkir di fase grup.

Erling Braut Haaland jadi top skor sementara Liga Champions (Foto: Twitter/Red Bull Salzburg)

Ketajaman Erling Braut Haaland lantas berlanjut ke level klub. Pria kelahiran Leeds, Inggris, itu sukses mengemas 15 gol dari 12 penampilan di Liga Austria bersama RB Salzburg. Torehannya di Liga Champions 2019-2020 lebih mengesankan, yakni tujuh gol dari empat kali main!

Koleksi gol anak dari Alf Inge Haaland itu mengantarnya sebagai top skor sementara Liga Champions 2019-2020. Ia mengungguli nama besar seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Robert Lewandowski yang kerap tampil tajam di kompetisi antarklub Eropa.

1. Robert Lewandowski

Bicara soal ketajaman di mulut gawang tentu tidak bisa dilepaskan dari sosok penyerang berpaspor Polandia ini. Robert Lewandowski sudah mencatatkan 450 gol sepanjang karier sepakbolanya hingga Rabu (13/11/2019). Sejak berkostum Bayern Munich pada 2014, ia sedikitnya mencetak 40 gol dalam semusim di semua kompetisi.

Torehan gol Robert Lewandowski tetap mengagumkan di usia yang tak lagi muda (Foto: Twitter/FC Bayern)

Ketajamannya begitu membuat FC Hollywood terpukau sehingga mengikatnya dengan kontrak hingga Juni 2023 kendati usianya tidak lagi muda. Pemain yang dijuluki Lewangoalski itu sudah berusia 31 tahun pada Agustus 2019.

Walau sudah berumur, ketajaman pria kelahiran Warsawa itu bukannya karatan atau menurun. Robert Lewandowski total mencetak 16 gol dari 11 penampilan di Liga Jerman 2019-2020 yang menjadikannya top skor sementara. Di Liga Champions, ia sudah mengemas enam gol dalam empat penampilan dan hanya berbeda satu biji gol dengan top skor sementara, Erling Braut Haaland.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini