nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Menanti Trofi Ke-2 di Piala AFF Futsal

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Minggu 27 Oktober 2019 08:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 27 51 2122241 indonesia-menanti-trofi-ke-2-di-piala-aff-futsal-eMtQfcLVwS.jpeg Timnas Futsal Indonesia. (Foto: PSSI)

HO CHI MINH CITY – Sudah hampir sembilan tahun lamanya Indonesia tak pernah merasakan lagi gelar juara Piala AFF Futsal. Terakhir kali Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia menjuarai kompetisi tersebut adalah pada edisi 2010 silam, itu pun juga merupakan trofi pertama Tanah Air.

Akan tetapi, kini Timnas Futsal Indonesia berpeluang kembali merengkuh gelar juara itu lantaran bakal bertanding di final Piala AFF Futsal 2019 dengan menghadapi Thailand pada Minggu (27/10/2019) sore WIB nanti. Andai kata menang atas Thailand, maka Timnas Futsal Indonesia dipastikan bakal mendapatkan trofi keduanya di Piala AFF Futsal tersebut.

Timnas Futsal Indonesia

Kendati begitu, mengalahkan Timnas Futsal Thailand adalah sebuah pekerja yang tidak mudah. Jadi tim asuhan Kensuke Takahashi itu harus bekerja keras ekstra agar bisa mengalahkan tim berjuluk Gajah Perang tersebut. Apalagi, dalam tujuh kompetisi terakhir Thailand selalu menjadi pemenang di Piala AFF Futsal.

Tak hanya tujuh tahun terakhir itu, bahkan Thailand selalu memenangkan kompetisi Piala AFF Futsal yang berlangsung dari 2001 tersebut. Hanya pada edisi 2010 yang dimenangkan oleh Timnas Futsal Indonesia saja Thailand tak menjadi juara di Piala AFF Futsal. Itu pun juga karena Thailand tak ikut berkompetisi di ajang tersebut lantaran lebih memilih untuk mengikuti turnamen Thailand Five yang berlangsung di waktu yang sama.

Absennya Thailand di Piala AFF Futsal 2010 mungkin yang menjadi alasan utama mengapa Timnas Futsal Indonesia bisa menang di kompetisi tersebut. Sebab dengan tak ada Thailand, Timnas Futsal hanya harus menghadapi Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Myanmar, yang langsung tergabung di satu grup. Kala itu, pada akhirnya Timnas Futsal Indonesia meraih gelar juar Piala AFF Futsal 2010 usai mampu mengalahkan Malaysia di partai finalnya dengan skor 5-0.

Timnas Futsal Indonesia

Begitulah proses terjadinya Indonesia meraih gelar pertama di Piala AFF Futsal. Kini, Timnas Futsal Indonesia berpeluang untuk menjadikan trofi kompetisi tersebut menjadi dua di tahun ini. Namun, impian tersebut terhalang tembok yang besar, yakni Thailand. Apalagi, dalam sejarahnya Timnas Futsal Indonesia tak pernah sekali pun menang setiap bertemu Thailand di ajang Piala AFF Futsal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini