nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Timnas Indonesia Tantang Thailand di Final Piala AFF Futsal 2019

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 25 Oktober 2019 18:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 25 51 2121807 timnas-indonesia-tantang-thailand-di-final-piala-aff-futsal-2019-9AyQcgQEp7.jpg Timnas Futsal Indonesia melakukan selebrasi (Foto: PSSI)

HO CHI MINH CITY – Timnas Futsal Indonesia menang dengan skor 4-3 kala menghadapi Myanmar di babak semifinal Piala AFF Futsal 2019. Di partai final, Indonesia akan berhadapan dengan Thailand yang sebelumnya berhasil menumbangkan Vietnam. Kemenangan atas Myanmar ini juga membuat Indonesia secara otomatis lolos ke putaran final Piala Asia Futsal 2020.

Jalannya Pertandingan:

Indonesia tampil percaya diri dan langsung menekan pertahanan Myanmar. Dalam lima menit pertama Tim Garuda sebenarnya mampu mendominasi permainan. Akan tetapi, menembus pertahanan Myanmar adalah cerita lain. Indonesia kemudian mencoba melepaskan tendangan jarak jauh lewat Ardiansyah Runtuboy. Meski begitu, bola masih belum tepat sasaran.

Di menit ketujuh Syahidan Syahlubis hampir saja mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari tendangan sudut, Syahidan yang mendapat bola lekas melepaskan tembakan dari jarak jauh. Sayangnya, sepakan mendatar Syahidan masih membentur tiang gawang.

Myanmar sendiri juga bukannya tanpa peluang, Meski kerap mendapat tekanan, namun beberapa kali serangan balik Myanmar cukup berbahaya. Seperti yang terjadi pada menit ke-11 saat Khin Zaw Lin melepaskan sepakan dari sisi kiri pertahanan Indonesia. Meski begitu, tembakannya masih melebar.

Tak lama berselang, Indonesia mendapat peluang emas. Permainan umpan-umpan pendek pada akhirnya membuat Firman Adriansyah menembus kotak penalti Myanmar dan melayangkan tembakan. Sayangya, bola masih mengarah ke tengah sehingga bisa dengan mudah dihalau kiper Myanmar.

Tim Garuda akhirnya mencetak gol di menit ke-17. Adalah Firman yang berhasil memecah kebuntuan. Ia melepaskan tendangan dari sudut sempit. Bola berhasil diloloskannya melewati celah kaki kiper Myanmar dan membuat Indonesia memimpin 1-0. Skor ini pun bertahan hingga babak pertama usai.

Babak Kedua:

Memasuki babak kedua, Myanmar yang mencoba mengejar ketertinggalannya langsung tampil menggebrak. Hasilnya, baru dua menit laga berjalan Myanmar berhasil menyamakan skor. Naing Ye Kyaw berdiri tanpa pengawalan di dalam kotak penalti dan dengan mudah membobol gawang Indonesia usai menerima umpan dari rekan setimnya. Skor sama kuat 1-1.

Setelah skor menjadi imbang, Indonesia tentunya tak hanya diam. Pada menit keenam Tim Garuda mengancam gawang Myanmar melalui sepakan Syahidan. Sayangnya, laju bola masih bisa diblok dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Indonesia.

Upaya pemain Indonesia baru membuahkan hasil di menit kesembilan. Umpan datar Ardiansyah Runtuboy disambut dengan sontekan Andri Kustiawan. Kiper Myanmar kesulitan untuk menghentikan bola sontekan Andri tersebut dan bola pun masuk ke gawang. Indonesia unggul 2-1.

Indonesia kembali menambah keunggulannya di menit ke-12. Kali ini umpan datar Rio Pangestu lewat sepakan ke dalam berhasil melewati baris pertahanan Myanmar. M. Subhan Faidasa yang tanpa pengawalan pun menyambut bola dan mengkonversinya menjadi gol. Tim Garuda menjauh 3-1.

Kendati demikian, Myanmar enggan berhenti berjuang. Mereka berhasil menipiskan kedaan di menit ke-15. Nyein Min Soe melepaskan tembakan langsung dari sisi kanan. Bola melunvur ke bagian atas gawang Indonesia tanpa bisa dibendung dan membuat keadaan berubah menjadi 3-2.

Di menit terakhir Indonesia dan Myanmar masing-masing mencetak satu gol yang membuat skor berubah 4-3. Skor tersebut kemudian bertahan hingga pertandingan berakhir. Dengan hasil ini, Indonesia pun lolos ke partai final Piala AFF Futsal 2019 dan akan berhadapan dengan Thailand. Tidak hanya itu, Indonesia juga lolos langsung ke putaran final Piala Asia Futsal 2020.

Susunan Pemain:

Indonesia: 1-M. Iksan Rahadian (GK), 6-Marvin Alexa Wossiry, 3-Muhammad Rizki Xavier, 4-Mochammad Iqbal Iskandar, 10-Andri Kustiawan

Cadangan: 13-Muhammad Albagir, 5-Rio Pangestu Putra, 8-Ardiansyah Nur, 12-Bambang Bayu Saptaji

11-Ardiansyah Runtuboy, 2-Firman Adriansyah, 14-Randy Satria Mushar, 9-Syahidansyah Lubis, 7-M. Subhan Faidasa

Myanmar: 2-Kyaw Htet Aung (GK), 4-Kyaw Soe Moe, 10-Khin Zaw Lin, 7-Myo Myint Soe,12-Hlaing Min Tun

Cadangan: 1-Zwe Pyae Sone (GK), 6-Naing Ye Kyaw, 5-Phyae Phyo Maung 1, 14-Phyae Phyo Maung 2, 11-Nyein Min Soe, 9-Wai Zin Oo, 13-Aung Zin Oo, 8-Kaung Chit Thu, 3-Ko Ko Lwin

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini