nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan FIFA Fair Play Award 2019 Jadi Milik Leeds United

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 24 September 2019 16:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 24 51 2108721 alasan-fifa-fair-play-award-2019-jadi-milik-leeds-united-ZwtXq9vXRa.jpg Liam Chopper dan Benoit Delaval (Foto: Twitter/@LUFC)

MILAN Leeds United dan Marcelo Bielsa menerima FIFA Fair Play Award 2019 pada malam penganugerahan yang berlangsung di Teatro Alla Scala, Milan, Selasa (24/9/2019), dini hari WIB. FIFA memberikan Penghargaan itu kepada individu atau tim yang menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Leeds serta Bielsa berhak menerima penghargaan luar biasa itu usai bermain imbang 1-1 kontra Aston Villa pada musim lalu di kasta kedua Liga Inggris. Leeds yang menjamu Villa di Elland Road membutuhkan kemenangan untuk memperbesar peluang mereka lolos langsung ke Liga Inggris.

Marcelo Bielsa (Foto: Twitter/@LUFC)

Sama halnya dengan Leeds, Villa pun memiliki tujuan serupa sehingga pertandingan berjalan dengan ketat. Kedua tim saling melancarkan jual-beli serangan guna membuat gol tetapi hingga pertengahan babak kedua tak ada peluang yang berbuah hasil.

BACA JUGA: Diejek Fans Leeds, Maskot Man United Justru Joget

Pada menit 72, pemain Villa, Jonathan Kodjia, jatuh di atas lapangan karena menderita cedera. Pemain Villa berharap bola dibuang keluar sehingga pertandingan berhenti sejenak agar Kodjia menerima perawatan tetapi yang terjadi justru sebaliknya.

Bola yang ada di kaki pemain Leeds, Tyler Roberts, dioper ke Mateusz Klich yang segera menggiringnya hingga ke kotak penalti Villa. Klich kemudian mengecoh satu pemain Villa sebelum melepaskan tembakan yang membobol gawang Villa. Kedudukan pun berubah 1-0 untuk keunggulan tim tuan rumah.

Para pemain Villa yang tak terima langsung berkumpul di sekitar Klich sehingga terjadi keributan antara kedua tim. Agar situasi tak semakin buruk maka Bielsa pun sebagai pelatih mengambil keputusan untuk membiarkan Villa mencetak gol ke gawang tim asuhannya.

Marcelo Bielsa (Foto: Twitter/@LUFC)

Pemain Villa, Albert Adomah, akhirnya menggiring bola hingga mencetak gol tanpa hadangan dari penggawa Leeds pada menit 77. Skor 1-1 akhirnya menutup pertandingan itu sehingga kedua tim harus puas berbagi angka di Elland Road.

Setelah itu, Leeds mengakhiri musim di posisi ketiga sehingga harus melalui babak playoff demi naik kasta. Leeds melawan Derby County di semifinal tetapi kalah skor agregat 3-4. Derby kemudian kalah dari 1-2 dari Villa di partai final sehingga satu tiket ke Liga Inggris menjadi milik The Villains –julukan Villa.

Berkat keputusan Bielsa serta aksi para pemain Leeds akhirnya mereka dianugerahi FIFA Fair Play Award 2019. Penghargaan itu diterima Leeds yang diwakili sang kapten, Liam Cooper dan pelatih fisik, Benoit Delaval, karena Bielsa tak bisa datang ke Milan. Tindakan Bielsa dan Leeds menunjukkan bahwa sepakbola bukan hanya soal kemenangan tetapi juga sportivitas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini