nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Pelatih Terakhir yang Menangi Trofi Juru Taktik Terbaik

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 24 September 2019 19:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 24 51 2108621 4-pelatih-terakhir-yang-menangi-trofi-juru-taktik-terbaik-rUTnAu6fsA.jpg Jurgen Klopp (Foto: Twitter @Kloppholic)

MALAM penganugerahan pemain serta pelatih terbaik dunia versi FIFA (Federasi Sepakbola Dunia) telah selesai dilaksanakan di Milan, Italia, pada Selasa (24/9/2019) dini hari WIB tadi. Dari acara tersebut terpilihlah megabintang Barcelona, Lionel Messi, sebagai pemain terbaik FIFA 2019 dan untuk pelatih terbaik menjadi milik Jurgen Klopp (Liverpool).

Untuk pembahasan peraih pemain terbaik versi FIFA 2019 telah dibahas sebelumnya oleh Okezone, karena itu pada kali ini mari kita membahas pelatih terbaik dari penghargaan tersebut. Kami akan membahas siapa saja yang pernah meraih penghargaan juru taktik terbaik versi FIFA dalam beberapa tahun terahkir.

Berikit 4 Pelatih Terakhir yang Menangi Trofi Juru Taktik Terbaik:

4. Jurgen Klopp (Liverpool) – 2019

Jurgen Klopp menjadi pelatih terbaik FIFA 2019

Klopp menjadi pelatih terbaru yang meraih juru taktik terbaik versi FIFA. Pelatih asal Jerman itu mampu mengalahkan lawan-lawannya seperti Josep Guardiola (Manchester City) yang menempati posisi kedua dan Mauricio Pochettino (Tottenham Hotspur) yang berada di urutan ketiga.

Terpilihnya Klopp tentu tak terlepas dari tangan dinginnya yang mampu membawa Liverpool menjuarai Liga Champions 2018-2019. Terlebih bersama Klopp, Liverpool juga berhasil menjadi runner-up Liga Inggris 2018-2019 dan hanya kalah tipis saja dengan Man City di musim tersebut.

Berkat apiknya permainan Klopp yang diterapkan ke Liverpool, kini The Reds –julukan Liverpool– bisa dikatakan semakin berbahaya. Padahal beberapa tahun sebelumnya Liverpool bisa dikatakan kesulitan untuk bersaing memperebutkan gelar juara. Sebab itulah pada musim 2019 ini Klopp diberikan penghargaan pelatih terbaik FIFA 2019.

3. Didier Deschamps (Timnas Prancis) – 2018

Wenger memberikan gelar pelatih terbaik FIFA 2018 kepada Deschamps

Pada edisi 2018 kemarin para pencinta sepakbola disuguhkan dengan ajang Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia dari 14 Juni-15 Juli 2018. Dalam perhelatan akbar tersebut, Tim Nasional (Timnas) Prancis menjadi tim yang berhasil menjuarai kompetisi empat tahunan itu.

Jadi wajar saja jika pelatih Timnas Prancis yang saat itu ditangani oleh Didier Deschamps, berhasil keluar sebagai pemenang untuk pelatih terbaik FIFA edisi 2018. Deschamps mampu membuat Prancis sangat superior sehingga meraih gelar juara dunia tersebut. Pada edisi 2018 tersebut, Deschamps berhasil menyingkirkan pesaing berat seperti Zinedine Zidane (Real Madrid) yang hanya bisa sebagai runner-up dan Zlatko Dalic (Timnas Kroasia) yang berada di urutan ketiga.

2. Zinedine Zidane (Real Madrid) – 2017

Ronaldo dan Zidane di The Best FIFA 2017

Zidane adalah orang kedua yang berhasil meraih penghargaan pelatih terbaik versi FIFA. Tepatnya Zidane mendapatkannya pada edisi FIFA 2017 lantaran berhasil mengalahkan Antonio Conte (Chelsea) dan juga Massimiliano Allegri (Juventus).

Zidane terpilih menjadi arsitek terbaik FIFA 2017 itu dikarenakan mampu membawa Real Madrid meraih dua trofi pada musim itu. Dua trofi yang dimaksud adalah Liga Champions 2016-2017 dan Liga Spanyol 2016-2017. Dua trofi itu sudah cukup untuk membuat Zidane layak menjadi pelatih terbaik pada era 2016-2017 sehingga mampu mengalahkan Conte yang membawa Chelsea juara Liga Inggris dan Allegri yang kembali membuat Juventus menjadi jawara Liga Italia di musim tersebut.

1. Claudio Ranieri (Leicester City) – 2016

Claudio Ranieri pernah menyabet pelatih terbaik FIFA pada musim 2016

Ranieri adalah pelatih pertama yang mendapatkan penghargaan pelatih terbaik dunia versi FIFA. Tepatnya Ranieri mendapatkan penghargaan individu tersebut pada edisi FIFA 2016 lantaran mampu membawa tim yang dibesutnya kali itu, yakni Leicester City, menjadi juara Liga Inggris 2015-2016.

Siapa yang menyangka tim sekelas Leicester bisa mengalahkan klub seperti Manchester United, Manchester City, Chelsea, Arsenal, serta Liverpool, dalam perebutan gelar juara Liga Inggris? Tentu banyak yang tidak mengira hal itu dapat terjadi.

Akan tetapi, di tangan Ranieri nyatanya itu semua dapat terjadi. Ia berhasil membawa Leicester yang kala itu tak bergelimang pemain-pemain bintang, menjadi juara Liga Inggris 2015-2016. Semua itu pun membuatnya berhasil meraih pelatih terbaik FIFA edisi 2016 dan mampu menyingirkan Zinedine Zidane (Real Madrid) ke peringkat kedua dan Fernando Santos (Timnas Portugal) untuk menempati ketiga.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini