nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Koeman: Van Dijk Layak Dapat Ballon dOr

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 04 Juni 2019 17:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 04 51 2063704 koeman-van-dijk-layak-dapat-ballon-dor-pdVlcNTA9z.jpg Virgil van Dijk (Foto: UEFA)

AMSTERDAM – Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman, menilai bek Liverpool, Virgil van Dijk, layak meraih trofi Ballon d’Or. Karena menurutnya, Van Dijk telah membuktikan diri sebagai salah satu pemain terbaik di dunia saat ini.

Tak bisa dimungkiri, sepanjang musim kompetisi 2018-2019 berlangsung, Van Dijk memang menampilkan performa luar biasa. Bagaimana tidak, pasalnya tidak ada satu pun pemain yang mampu mendribel bola melewati Van Dijk di sepanjang musim 2018-2019.

(Baca juga: Luka saat Hadapi Madrid Jadi Motivasi Salah Menangi Liga Champions)

Virgil van Dijk

Di pentas Liga Inggris 2018-2019 sendiri, Van Dijk telah membuat Liverpool menjadi tim yang paling sedikit mengalami kebobolan, yakni 22 gol. Atas performa apiknya tersebut, Van Dijk pun diganjar penghargaan PFA Player of The Year 2019 dan Player of The Year Liga Inggris 2018-2019.

Penampilan gemilang Van Dijk itu pun pada akhirnya dilengkapi dengan trofi Liga Champions 2018-2019, setelah ia membantu Liverpool mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0 di partai puncak. Meski Koeman tak menyebut Van Dijk sebagai pemain terbaik di dunia, namun menurutnya mantan bek Southampton itu layak dihadiahi Ballon d’Or.

Selain Van Dijk, pemain yang difavoritkan untuk meraih trofi Ballon d’Or 2019 adalah megabintang Barcelona, Lionel Messi. Akan tetapi, menurut Koeman, Van Dijk masih lebih layak menerimanya. Karena Messi gagal mengantarkan timnya meraih trofi bergengsi seperti Liga Champions.

Van Dijk vs Messi

“Dia (Van Dijk) pantas memenangkan Ballon d'Or. Ini biasanya diberikan kepada pemain yang membuat atau menciptakan gol yang menentukan, namun jika ada peluang untuk memberikannya kepada bek, itu sekarang. Menurut pendapat saya, Messi adalah pemain terbaik. Akan tetapi, saya juga berpikir Anda harus memenangkan trofi besar dengan tim Anda untuk menjadi kontestan," ujar Koeman, menyadur dari Goal, Selasa (4/6/2019).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini