nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Vigit Waluyo Sebut Liga 1 dan Liga 2 Terjadi Pengaturan Skor

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 24 Januari 2019 20:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 24 49 2009077 vigit-waluyo-sebut-liga-1-dan-liga-2-diduga-terlibat-pengaturan-skor-ZzBD5OjOnk.jpg Vigit Waluyo. (Foto: Istimewa)

SURABAYA - Satgas antimafia bola yang dibentuk Mabes Polri melakukan pemeriksaan terhadap tersangka Vigit Waluyo di Polda Jawa Timur.

Usai pemeriksaan, Wakil Ketua Tim Satgas, Brigjen Pol Krishna Murti, mengatakan pemeriksaan itu sebagai tindak lanjut dari pengungkapan kasus pengaturan skor di sepakbola Indonesia.

"Salah satu tersangka yang sedang dikerjakan saat ini oleh Satgas antimafia bola di Surabaya adalah melakukan pemeriksaan terhadapnya. Tersangka itu adalah Vigit Waluyo yang terlibat kepada pengaturan skor dan pengaturan pertandingan sepak bola yang dikelola federasi PSSI dan Liga," ungkap Krishna Murti kepada awak media saat konferensi pers di Mapolda Jawa Timur, Kamis (24/1/2019).

Baca Juga: Vigit Waluyo Diperiksa Satgas Antimafia Bola soal Kasus Pengaturan Skor

Dari hasil pemeriksaan terhadap Vigit, Krishna menuturkan bukan kegiatan baru dan hanya melengkapi berkas - berkas bukti yang sudah ada, serta membongkar praktek pengaturan skor.

Menurut Krishna, Satgas Anti Mafia Sepak Bola telah melakukan pemeriksaan terhadap puluhan saksi dan telah menetapkan setidaknya 11 orang tersangka.

"Kalau terkait konstruksi hukum, kami menjerat dengan tiga pasal sekaligus. Yakni pasal suap, penipuan dan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Tiga konstruksi hukum itu," kata Khrisna.

Di sisi lain Vigit Waluyo mengakui hampir semua pertandingan klub terlibat pengaturan skor mulai kompetisi tertinggi hingga level amatir.

"Katanya sih hampir semua dan match seting terjadi di Liga 1 termasuk di Liga 2. Mereka mengatur siapa yang juara di tahun ini. Yaitu diatur oleh orang-orang," imbuhnya.

(RNR)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini