nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Liga 1 Tempati Posisi 3 Terbawah di Asia Tenggara

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 31 Desember 2018 10:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 31 51 1998025 liga-1-tempati-posisi-3-terbawah-di-asia-tenggara-h8dWfJlZV8.jpg Persija Jakarta jadi pemenang Liga 1 2018. (Foto: Okezone/Heru Haryono)

KUALA LUMPUR – Federasi Sepakbola Asia (AFC) merilis ranking liga-liga sepakbola di Asia pada 2018. Dalam daftar tersebut, kompetisi utama di Indonesia, Liga 1, berada di posisi yang terpuruk, yakni ke-27 dari total 46 kompetisi sepakbola negara-negara Asia..

Pemeringkatan liga-liga di Asia ini dilakukan AFC dengan menjumlah ranking FIFA sebuah tim nasional plus performa klub negara yang bersangkutan di kompetisi Asia (Liga Champions Asia dan Piala AFC) dalam empat tahun terakhir. Dengan metode ini, Indonesia hanya mampu berada di posisi ke-27 dengan nilai total 4.100 poin pada 2018.

Ranking Liga 1 di Asia Tenggara. Foto: Fox Sport

(Ranking Liga 1 di Asia Tenggara. Foto: Fox Sport)

Untuk peringkat di ASEAN, kompetisi Liga 1 pun masih berada di posisi yang kurang apik. Jika diurutkan dengan sembilan kompetisi di ASEAN, Indonesia berada di posisi ketujuh, hanya unggul dari Kamboja dan Laos. Posisi puncak di Asia Tenggara ditempati oleh Thailand yang berada di tempat kedelapan pada daftar ranking keseluruhan.

BACA JUGA: AFC Ingin Buat Liga Negara Asia

Posisi pertama pada ranking AFC sendiri dihuni oleh China. Liga Super China menjadi kompetisi terbaik versi AFC lantaran berhasil mengumpulkan nilai sebanyak 15.540 di sepanjang 2018. Bertenggernya pemain-pemain bintang dunia di ajang tersebut tampaknya telah memengaruhi kualitas permainan di sana.

Ranking Liga 1 di Asia. Foto: AFC

(Ranking Liga 1 di Asia. Foto: AFC)

Selanjutnya, posisi kedua ditempati oleh Qatar. Meski berhasil mengumpulkan nilai yang lebih tinggi pada musim ini, yakni sebesar 15.600 poin, Qatar tetap tidak bisa menggeser posisi China di puncak ranking. Hal tersebut terjadi lantaran poin yang diraih mereka dalam tiga tahun sebelumnya belum cukup untuk melampaui torehan Negeri Tirai Bambu –julukan China.

(dji)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini