Share

Jurgen Klopp Relakan Kepergian Coutinho ke Barcelona

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 07 Januari 2018 03:14 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 07 51 1841227 jurgen-klopp-relakan-kepergian-coutinho-ke-barcelona-hxnItHUol2.jpg Jurgen Klopp dan Philippe Coutinho (Foto: AFP)

LIVERPOOL โ€“ Hanya tinggal masalah menunggu waktu untuk pada akhirnya membuat Philippe Coutinho secara resmi diperkenalkan sebagai pemain anyar Barcelona. Pasalnya, Liverpool selaku klub pemiliki Coutinho, telah menerima pinangan Barcelona seharga 142 juta pounds atau sekira Rp2,5 triliun.

Kepergian Coutinho tentunya menjadi kesedihan tersendiri bagi kubu Liverpool, mengingat jasa-jasanya selama ini yang sangat memberi dampak pada performa klub berjuluk The Reds itu. Namun, kepedihan paling dalam mungkin akan dirasakan oleh pelatih Liverpool, Jurgen Klopp.

(Baca juga: Liverpool Keluarkan Pernyataan Resmi Kepergian Coutinho)

Bagaimana tidak, pasalnya Klopp merupakan orang yang paling bersikeras untuk tetap bisa mempertahankan Coutinho. Seperti diketahui, pada bursa transfer musim panas 2017, Coutinho tak jadi hengkang ke Barcelona karena pelatih asal Jerman itu dengan garang memasang pagar pada pemainnya tersebut, hingga akhirnya membuat Coutinho sendiri sempat mengambek.

Kendati begitu, situasi berbeda terjadi sekarang kala Klopp dengan berbesar hati pada akhirnya merelakan kepergian Coutinho. Eks pelatih Borussia Dortmund itu mengungkapkan bahwa ia beserta dengan jajaran manajemen Liverpool telah berusaha keras untuk mempertahankan Coutinho, namun nyatanya hal tersebut tetap tak dapat membendung hasrat gelandang berpaspor Brasil itu untuk pergi.

Klopp pun meminta kepada para fans Liverpool untuk tidak terlalu kecewa dengan kepergian Coutinho. Menurutnya adalah hal yang wajar apabila bongkar-pasang pemain kerap terjadi dalam dunia sepakbola. Terlebih lagi, Coutinho juga memiliki hak untuk menentukan pilihan hidupnya sendiri.

โ€œBukan rahasia kalau Philippe telah menginginkan kepindahan ini terjadi sejak Juli, sejak Barcelona pertama kali membuat ketertarikan mereka diketahui. Philippe bersikeras dengan saya, pemilik, dan bahkan rekan setimnya bahwa kepindahan ini merupakan langkah yang sangat ingin dia lakukan,โ€ ungkap Klopp, mengutip dari laman resmi Liverpool, Minggu (7/1/2018).

โ€œMeski begitu, kami berhasil mempertahankan si pemain di sini selama bursa transfer musim panas, berharap kami akan mampu membujuknya untuk bertahan dan menjadi bagian dari apa yang ingin kami lakukan,โ€ lanjut pelatih 50 tahun itu.

โ€œSaya bisa mengatakan kepada para suporter Liverpool bahwa kami, sebagai klub, telah melakukan segalanya sesuai kemampuan kami untuk meyakinkan Philippe menjadi bagian LFC sama menariknya dengan pindah ke Spanyol, namun dia 100% yakin pada keputusannya โ€“ dan keputusan keluarganya โ€“ pindah ke Barcelona. Ini mimpinya dan sekarang saya yakin tak ada yang bisa mengubah pikirannya,โ€ tuntas Klopp.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini