Persib Yakin Dua Pemain Kontroversinya Tak Akan Kabur

Oris Riswan, Jurnalis · Minggu 07 Januari 2018 20:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 07 49 1841413 persib-yakin-dua-pemain-kontroversinya-tak-akan-kabur-rdrDTxydYj.jpg Persib. (Foto: Antara)

BANDUNG - Patrich Wanggai secara mengejutkan memutuskan meninggalkan Persib Bandung setelah mengikuti pemusatan latihan di Yogyakarta belum lama ini. Padahal, Wanggai sebelumnya sempat diklaim sudah dikontrak Persib dengan durasi satu tahun.

Pernyataan yang menyebut Wanggai sudah dikontrak sebelumnya diungkapkan Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Zainuri Hasyim. Saat itu, ia mengatakan semua pemain sudah dikontrak.

Tetapi, Wanggai tiba-tiba memilih hengkang sebelum kompetisi dimulai. Alasan keluarga disebut-sebut jadi faktor yang membuatnya mengambil keputusan tersebut.

BACA JUGA: Patrich Wanggai Batal Gabung Persib

Komisaris PT PBB, Kuswara S Taryono, justru mengatakan Wanggai belum dikontrak. Pernyataan ini tentu sangat bertolak belakang dengan pernyataan Zainuri sebelumnya.

"Wanggai memang sebetulnya sudah ada kesepahaman dengan Persib, sudah ada komitmen, hanya memang betul belum menandatangani kontrak," kata Kuswara.

Tapi, atas dasar permintaan Wanggai, manajemen akhirnya menyetujui pembatalan Wanggai bergabung dengan Persib. "Tentunya manajemen kan enggak bisa memaksa (Wanggai untuk bertahan)," ucapnya.

Wanggai sendiri memang sempat menjadi polemik saat tiba-tiba bergabung dengan Persib untuk mengikuti seleksi. Sebab, Wanggai merupakan salah satu “musuh” Bobotoh –julukan pendukung Persib. Sebab, Wanggai pernah mengacungkan jari tengah kepada Bobotoh di Stadion Gelora Bandung Lautan Api saat masih menjadi pemain Borneo FC.

Kehadiran Wanggai untuk mengikuti seleksi di Persib bahkan sempat diwarnai hashtag #TolakWanggai di Twitter dan Instagram oleh Bobotoh. Tapi, banyak juga Bobotoh yang memberi dukungan agar Wanggai berkostum Persib.

Sementara kehadiran Eka Ramdani juga menuai pro dan kontra di kalangan Bobotoh. Sebab, Eka pernah membuat Bobotoh 'terluka' beberapa tahun lalu. Saat ia begitu diidolakan dan menjadi maskot Persib beberapa tahun lalu, secara mengejutkan Eka pindah ke Persisam Samarinda.

Amarah Bobotoh begitu besar saat itu. Bahkan, toko pakaian milik Eka sempat dirusak oleh beberapa Bobotoh. Poster berisi foto Eka pun dibakar. Saat Eka kembali ke Persib untuk mengikuti seleksi, reaksi Bobotoh beragam. Sebagian menerima Eka dengan terbuka, sebagian lagi menolak dengan alasan mempertanyakan loyalitas Eka untuk Persib.

BACA JUGA: Penyerang Persib Patrich Wanggai Tak Permasalahkan Cedera yang Dialami

Sementara untuk Airlangga, kasusnya tidak seheboh seperti Wanggai dan Eka. Tapi, Airlangga sempat didera isu sebagai pemain titipan karena dekat dengan manajemen. Selain itu, Bobotoh mempertanyakan Airlangga karena usianya tak lagi muda.

Berkaca dari kasus batal bergabungnya Wanggai, manajemen Persib yakin hal serupa tidak akan terjadi kepada Eka dan Airlangga. Pro dan kontra di kalangan Bobotoh tak akan membuat Eka dan Airlangga berubah pikiran.

"Saya kira (Eka dan Airlangga) enggak perlu diragukan, apalagi keduanya pernah menjadi pemain yang pernah berlabuh di Persib. Jadi saya kira komitmen (tetap di Persib) itu sudah ada. Insya Allah enggak ada perubahan," jelas Kuswara.

Disinggung apakah Eka dan Airlangga sudah dikontrak, ia tidak memberi jawaban pasti, termasuk para pemain lainnya. Ia mengaku harus melihat lebih dulu arsip kontrak yang ada untuk memastikannya.

"Tapi yang jelas, pemain yang kemarin berangkat (mengikuti pemusatan latihan di) Yogyakarta semuanya sudah jumpa dengan kita dan sudah bicara dari hati ke hati dan sudah ada kesepahaman (akan bergabung Persib)," pungkas Kuswara.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini