Catatan Impresif Raphael Maitimo Bersama Persib Bandung

Oris Riswan, Jurnalis · Rabu 20 Desember 2017 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 20 49 1833299 catatan-impresif-raphael-maitimo-bersama-persib-bandung-2ptXFyeC4N.jpg Maitimo akan tinggalkan Persib. (Foto: Oris/Okezone)

BANDUNG - Raphael Maitimo mengumumkan dirinya sudah tidak lagi menjadi pemain Persib Bandung terhitung 12 Desember 2017. Hal itu diumumkan Maitimo melalui akun Instagram @raphaelmaitimo pada Selasa (19/12/2017).

Maitimo sendiri secara mengejutkan menjadi bagian Persib saat persiapan jelang Liga 1 2017. Tanpa desas-desus, tiba-tiba Maitimo diperkenalkan sebagai rekrutan Persib saat launching tim pada 2 April 2017.

Saat itu, kehadiran Maitimo cukup mengejutkan. Sebab, sebelum merekrut Maitimo, manajemen dan pelatih benar-benar menutup rapat informasi.

Bersama Persib, performa Maitimo cukup impresif. Ia bahkan cukup sering mencetak gol krusial untuk kemenangan tim atau menghindarkan tim dari kekalahan. Itu karena Maitimo sering ditempatkan sebagai gelandang serang dan striker.

BACA JUGA: Raphael Maitimo Umumkan Resmi Tak Lagi Jadi Pemain Persib

Ia bermain dalam 28 pertandingan dengan mayoritas sebagai pemain utama. Dari catatan itu, ia berhasil menorehkan sembilan gol.

 Capaian itu membuat Maitimo jadi top skor tim. Dibawah Maitimo, gol terbanyak diciptakan Michael Essien dan Billy Keraf yang sama-sama mengoleksi lima gol.

Selain itu, Maitimo juga masuk jajaran pemilik assist terbanyak di Persib. Ia mengoleksi empat assist dibawah Ezechiel Ndouassel dan Matsunaga Shohei yang sama-sama menciptakan lima assist.

BACA JUGA: Soal Maitimo & Nasib Pemain Lain, Persib Pilih Hati-hati Bicara

Sementara dari sisi kedisiplinan, Maitimo mendapat lima kartu kuning selama gelaran Liga 1. Tapi, ia tidak pernah diganjar kartu merah.

Untuk pelanggaran, ia melakukannya sebanyak 47 kali. Sedangkan ia dilanggar lawan sebanyak 30 kali. Dari sisi akurasi tembakan, ia mencapai 46 persen. Untuk akurasi operan, ia mencapai angka 80 persen. Akurasi umbal silangnya mencapai 32 persen, dribel sukses 50 persen, dan sukses tekel 28 persen.

Dengan pencapaian itu, Maitimo kini sudah menyatakan tidak lagi jadi bagian Persib. Ia mengaku Persib sudah sepakat dengan salah satu klub untuk mentransfernya. Tapi, tidak diketahui ke mana Maitimo ditransfer. Desas-desus yang ada, Maitimo akan menuju Madura United.

Manajemen sendiri ogah berbicara banyak soal Maitimo. Mereka menyatakan segala keputusan terkait perekrutan pemain untuk musim depan adalah ranah pelatih. Hal itu akan dibahas bersama manajemen.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini