Share
Liverpool kontra Sevilla (Foto: AFP)

Gagal Rebut Poin Penuh, Liverpool dan Sevilla Berbagi 1 Angka di Laga Perdana Liga Champions 2017-2018

Bagas Abdiel

Kamis, 14 September 2017 - 03:50 wib

LIVERPOOL – Liverpool dan Sevilla harus puas berbagi angka di laga perdana Grup E Liga Champions 2017-2018 yang berlangsung di Stadion Anfield, Kamis (14/9/2017) dini hari WIB. Kedua tim harus mengakhiri laga dengan skor imbang 2-2.

Gol pertama berhasil dimiliki Sevilla yang dicetak oleh Wissam Ben Yedder di menit 5. Sementara dua gol Liverpool dicetak Roberto Firmino di menit 21 dan Mohamed Salah di menit 37. Namun, Sevilla kemudian mampu menyamakan kedudukan di menit 72 melalui Joaquin Correa.

Hasil ini membuat kedua tim harus puas mendapat satu angka dari laga tersebut. Meski mendapat hasil imbang, Liverpool dan Sevilla memimpin klasemen Grup E sementara, karena pada laga lainnya Maribor dan Spartak Moskow juga harus puas berbagi angka dengan skor 1-1.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Laga awal dimulai, kedua tim mencoba berinisiatif memulai serangan untuk dapat mencetak gol perdana. Sevilla yang bertindak sebagai tamu pun tak ciut. Hasilnya pada menit 5 mereka membuat Anfield terdiam dengan mencetak gol pertama.

Adalah Wissam Ben Yedder yang membut public Anfield terdiam melalui gol pertamanya. Yedder yang berdiri di tempat yang tepat berhasil menyambut umpan silang dari Sergio Escudero untuk kemduian dikonversikan menjadi gol untuk keunggulan Sevilla. Skor berubah menjadi 0-1.

Tertinggal satu gol, membuat Liverpool menjadi geram. The Reds –julukan Liverpool- berusaha untuk menguasai jalannya pertandingan dengan banyak melakukan serangan. Peluang pun didapat Liverpool pada menit 11 melalui aksi Firmino. Sayang sundulannya masih melebar dan hanya menerpa jaring gawang Sevilla.

Memasuki menit 15, Liverpool terus menekan pertahanan. Hingga akhirnya pada menit 21, Roberto Firmino membuat gol penyeimbang. Memanfaatkan umpan Alberto Moreno yang melewati gawang, Firmino yang berdiri kosong mampu mencetak gol ke gawang yang sudah ditinggalkan sang kiper. Skor berubah menjadi 1-1.

Tak ingin menahan malu, Liverpool terus melancarkan serangan untuk mengamankan tiga poin di kandang sendiri. Kali ini, Mohamed Salah berhasil memecah sorak sorai Anfield melalui golnya di menit 37.

Gol yang ia cetak melalui tendangan kerasnya, berhasil mengecoh sang kiper karena tendangan Salah mengenai penggawa Sevilla yakni Kjaer. Bola tersebut pun berubah arah dan sulit dijangkau oleh Sergio Rico. Skor berubah menjadi 2-1.

Liverpool berpeluang menambah gol setelah mendapat hadiah penalti di menit 42. Mane yang dilanggar di kotak penalti pun membuat wasit langsung menunjuk titik putih. Namun, Firmino yang menjadi eksekusi gagal memanfaatkan hal tersebut menjadi gol , karena bola membentur mistar gawang.

Hingga peluit babak pertama dibunyikan, skor tidak berubah untuk keunggulan Liverpool dengan skor 2-1.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Liverpool langsung menggebrak untuk kembali menambah keunggulan. Namun, Sevilla memiliki pertahanan yang kuat agar gawangnya tak kembali kebobolan di 45 menit tersisa.

Hingga menit 60, Liverpool terus menekan dan mendobrak pertahanan Sevilla untuk mencuri gol ketiga. Sementara sang tamu belum menunjukkan tanda-tanda kebangkitan di babak kedua ini.

Bahkan pelatih Sevilla yakni Berizzo diusir wasit dari kursi bench dan duduk di tribun setelah melakukan tindakan kurang baik. Pelatih yang melakukan debutnya di Liga Champions itu membuang bola yang keluar lapangan, di mana itu seharusnya diberikan kepada pemain Liverpool.

Namun, berbekal serangan balik, akhirnya Sevilla melakukan ancaman bagi kubu The Reds. Hingga akhirnya pada menit 72,  Joaquin Correa menjadi penyelemat Sevilla dari kekalahan di laga perdana.

Correa yang mendapat umpan manis dari Luis Muriel langsung membelah pertahanan Liverpool dan mendapat ruang kosong untuk melakukan tembakan. Tendangannya pun melengkung sempurna ke arah gawang Karius yang akhirnya tak mampu dijangkau kiper Liverpool itu. Skor berubah menjadi 2-2.

Setelah gol tersebut, kepercayaan diri pemain Sevilla pun semakin meningkat, sementara Liverpool yang mampu mendominasi jalannya pertandingan sedikit menurun. Tempo pun benar-benar turun menjelang pertandingan berakhir.

Menjelang laga usai, Liverpool harus bermain dengan 10 orang, setelah Joe Gomez mendapatkan kartu merah karena akumulasi kartu merah. Namun, tak berarti banyak laga pun langsung ditutup dengan peluit panjang wasit yang berarti pertandingan berakhir dengan skor 2-2.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 13
    2 Manchester United FC 13
    3 Chelsea FC 10
    4 Newcastle United 9
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 15
    2 Sevilla 13
    3 Athletic Madrid 11
    4 Valencia CF 9
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Napoli 15
    2 Juventus 15
    3 FC Internazionale Milano 13
    4 AC Milan 12
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 13
    2 FC Bayern Munich 12
    3 Hoffenheim 11
    4 Hannover 96 11