Rekap Liga-Liga Eropa Lainnya

Achmad Firdaus, Jurnalis · Senin 14 Mei 2012 19:58 WIB
https: img.okezone.com content 2012 05 14 50 629566 wLv7wWwW0Q.jpg Selebrasi juara para pemain Dortmund (Foto: Getty Images)

JAKARTA - Selain ketiga liga top Eropa Premier League, Serie A, dan La Liga yang sudah memastikan para juaranya. Ada beberapa liga ternama lainnya yang telah mengumumkan juara.

Berangkat dari negeri Kaisar, yaitu Jerman di mana ada Borussia Dortmund yang berhasil mempertahankan gelar Bundesliga untuk dua kali berurut-turut, sekaligus menambah koleksi mereka menjadi lima gelar Bundesliga.

Dortmund memastikan menjadi yang terbaik di Jerman pada pekan ke-32, saat menghabisi Borussia Moenchengladbach dengan skor 2-0. Penentuan gelar tersebut tak lepas dari kompetisi yang hanya menyisakan dua laga lagi. Sehingga meski Bayern meraih kemenangan, namun jarak delapan poin dari Dortmund, tak bisa dikejar FC Hollywood.

Bayern hanya bisa menempati dirinya sebagai runner-up dengan nilai 73 poin dan mendapat hadiah hiburan berupa tiket lolos langsung ke Liga Champions musim depan. Dortmund dan Bayern, bakal ditemani oleh Schalke 04 yang berhasil menempati posisi ketiga dengan 64 poin. Sementara jatah play-off Liga Champions jatuh ke tangan Moenchengladbach yang menempati posisi keempat dengan koleksi 60 poin.

Untuk tiket Europa League dari Jerman kali ini bakal diwakilkan oleh Bayer Leverkusen (54 poin) dan VFB Stuttgart dengan koleksi 50 poin. Sedangkan klub yang harus mengatakan Auf Wiedersehen (Selamat Tinggal) kepada Bundesliga adalah FC Koln dan Kaiserslautern.

Sementara Hertha Berlin masih bisa melanjutkan napasnya jika bisa menang pada babak play-off degradasi-promosi dengan anggota Bundesliga 2, Fortuna Düsseldorf yang pada klasemen akhir menempati peringkat ketiga. Sementara dua tim yang resmi promosi ke Bundesliga musim depan datang dari Spvgg Greuther Fürth dan Eintracht Frankfurt.

Lompat ke liga di negeri Kincir Angin yang dikenal dengan Eredivise, pada musim ini, Ajax kembali menambah koleksi trofinya, dengan merengkuh trofi ke-31-nya. Anak-anak Amsterdam ini berhasil mengalahkan para pesaingnya, seperti PSV Eindhoven, AZ Alkmar, Feyenoord dan FC Twente.

Sedangkan untuk satu slot di play-off Liga Champions akan jadi milik Feyenoord yang tampil sebagai runner-up. Dua tiket Europa League jadi milik tim penghuni peringkat tiga dan empat, yakni PSV Eindhoven dan AZ Alkmaar. Nah untuk satu tiket kualifikasi Europa League, akan diperebutkan empat tim, Heerenveen, FC Twente, Vitesse Arnheim dan NEC Nijmegen.

Dua tim yang harus jadi korban jerat degradasi adalah Excelsior dan tim kalah di babak play-off degradasi, yakni antara VVV Venlo dan De Graafschap. Sementara satu tim yang memastikan akan naik kasta ke Eredivisie adalah FC Zwolle (kampiun Eerste Divisie).

Beralih ke ranah Portugal, tim langganan juara FC Porto kembali memastikan diri sebagai jawara untuk kali kedua secara beruntun, atau yang ke-8 dalam satu dekade terakhir. Total, Porto telah mengoleksi 26 trofi.

Sukses jadi juara, praktis The Dragon -julukan Porto- berhak tampil di Liga Champions musim depan. Porto (75), akan didampingi seteru abadinya Benfica yang memastikan diri sebagai runner-up (69). Sementara satu tiket play-off akan jadi milik Sporting Braga.

Tim peringkat empat dan lima, Sporting Lisbon dan Maritimo akan tampil di Europa League. Sedangkan, dua tim yang harus terdegradasi adalah Feirense dan União de Leiria. Tim yang akan menggantikan posisi mereka untuk promosi ke Primeira Liga musim depan adalah Estoril dan Moreirense yang notabene jawara dan runner-up Liga de Honra.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini