Share

Menguak Asal-usul Istilah Gol Olimpik dalam Sepakbola

Aryo Hadi Wibowo, Okezone · Senin 23 Januari 2023 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 23 51 2751386 menguak-asal-usul-istilah-gol-olimpik-dalam-sepakbola-QyhDV4IwpJ.jpg Berikut asal-usul istilah gol olimpik dalam dunia sepakbola (Foto: premierleague.com)

MENGUAK asal-usul istilah gol olimpik dalam sepakbola akan Anda ketahui dalam artikel Okezone. Gol yang dicetak para pemain sepakbola kerap mendapatkan sebutan yang cukup menarik perhatian.

Gol juga menjadi salah satu tujuan dari para pemain sepakbola. Sebab, gol merupakan cara untuk meraih kemenangan dalam setiap pertandingan. Setiap pemain berusaha membuat gol, terutama posisi lini depan tim atau penyerang.

Namun, ada banyak cara-cara indah dalam mencetak gol ke dalam gawang lawan, salah satunya istilah gol olimpik. Masih banyak pecinta sepak bola belum mengetahui istilah gol olimpik, lantas apa gol olimpik itu? Simak ulasan berikut untuk mengetahuinya.

Istilah Gol Olimpik dalam Dunia Sepakbola

Reece James

Gol olimpik merupakan gol yang berasal dari sepak pojok. Gol ini merupakan hal yang paling sulit untuk dilakukan para pemain sepakbola.

Sebelumnya, gol olimpik ini disahkan oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) pada 15 Juni 1924 silam. Gol olimpik terjadi pertama kali saat laga persahabatan antara Timnas Argentina melawan Timnas Uruguay di Estadio Sportivo Barracas.

Saat itu, Uruguay berstatus sebagai juara bertahan emas sepak bola Olimpiade 1924. Meskipun laga persahabatan laga tersebut tetaplah bergengsi lantaran Argentina merupakan rival dari La Celeste -julukan Uruguay.

Saat pertandingan tersisa 15 menit, Cesareo Onzari mencetak gol indah tersebut melalui sepak pojok. Gol indah olimpik tersebut memastikan kemenangan untuk Argentina dengan skor tipis 2-1.

Gol sepakan pojok itu pun langsung mendapatkan julukan gol olimpik. Hal itu merujuk pada status Uruguay sebagai juara bertahan dan digunakan hingga sekarang.

Follow Berita Okezone di Google News

Pemain yang Pernah Mencetak Gol Olimpik

David Beckham

David Beckham dan Thierry Henry diketahui pernah mencetak gol indah tersebut. Mantan gelandang Timnas Inggris, David Beckham pernah beberapa kali mencetak gol serupa sepanjang masa kariernya sebagai pesepakbola.

Beckham memang dikenal sebagai pesepakbola yang sangat piawai dalam mencetak gol dari bola-bola mati. Hal serupa juga pernah dilakukan Thierry Henry pada 2012 silam. Gol tersebut terjadi saat legenda Arsenal itu bermain untuk New York Red Bulls di Major League Soccer (MLS).

Saat ini pemain yang masih aktif bermain dan pernah mencetak gol yang mengundang decak kagum tersebut adalah Toni Kroos. Momen itu terjadi ketika Real Madrid membungkam Valencia 3-1 pada semifinal Piala Super Spanyol di King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi, pada (9/1/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini