Share

5 Pesepak Bola Indonesia yang Berkarier Mengikuti Jejak sang Ayah, Mulai dari Liga Indonesia hingga Timnas Indonesia

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Jum'at 07 Oktober 2022 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 51 2681829 5-pesepak-bola-indonesia-yang-berkarier-mengikuti-jejak-sang-ayah-mulai-dari-liga-indonesia-hingga-timnas-indonesia-fX89KJQrtA.JPG Berikut 5 pesepak bola Indonesia yang berkarier mengikuti jejak sang ayah (Foto: MPI/Aldi Chandra)

SEBANYAK 5 pesepak bola Indonesia yang berkarier mengikuti jejak sang ayah, mulai dari Liga Indonesia hingga Timnas Indonesia menarik untuk dibahas. Keluarga memiliki pengaruh yang besar terhadap kehidupan seorang anak, terlebih untuk pilihan kariernya.

Bak kata pepatah “buah jatuh tak jauh dari pohonnya”, tak sedikit anak-anak yang mengikuti jejak karier orang tuanya. Hal ini juga terjadi di lapangan hijau, ketika sejumlah pemain sepak bola mewarisi bakat dan karier dari ayahnya sebagai pemain sepak bola.

Timnas Indonesia

Nah, berikut 5 pesepak bola Indonesia yang berkarier mengikuti jejak sang ayah, mulai dari Liga Indonesia hingga Timnas Indonesia.

5 Pesepak Bola Indonesia yang Berkarier Mengikuti Jejak Sang Ayah, Mulai dari Liga Indonesia hingga Timnas Indonesia

5. Sudirman dan Risky Sudirman

Risky Sudirman

Sudirman merupakan mantan pemain sepak bola Indonesia yang pernah menjadi kapten Timnas Indonesia pada tahun 1996. Ia juga turut mengantarkan Indonesia menjuarai berbagai turnamen bergengsi.

Sudirman yang kini menjabat sebagai asisten pelatih Persija Jakarta rupanya memiliki seorang putra yang mengikuti jejaknya. Ia adalah Risky Sudirman yang kini baru berusia 18 tahun.

Berbeda dengan sang ayah yang saat aktif dulu menempati posisi bek, Risky justru menjadi seorang penjaga gawang. Ia juga mengaku jika sang ayah memiliki peran yang besar terhadap kariernya.

4. Sartono Anwar - Nova Arianto

Nova Arianto

Nova Arianto yang saat ini menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia di bawah Shin Tae-yong rupanya merupakan putra dari Sartono Anwar, salah seorang legenda sepak bola Indonesia di tahun 1970-an.

Setelah pensiun, Sartono Anwar sempat menjadi pelatih PSIS Semarang pada 1980-an. Hal tersebut rupanya menurun pada Nova Arianto. Sebelum menjadi pelatih, ia merupakan pemain PSIS, Persebaya, dan Persib.

Nova Arianto juga debut bersama skuad Timnas Indonesia pada 2008.

3. Yusuf Ekondo - Fandi Eko Utomo dan Wahyu Subo Seto

Fandi Eko Utomo

Nama Yusuf Ekondo pernah diperhitungkan sebagai pemain Timnas Indonesia, Ia bahkan pernah membawa tim Garuda Muda meraih medali emas SEA Games 1991 di Manila.

Bakat yang dimiliki Yusuf Ekondo rupanya diturunkan kepada kedua buah hatinya, yaitu Fandi Eko Utomo dan Wahyu Subo Seto. Fandi kini bermain di PSS Sleman dan Wahyu di Bhayangkara FC.

2. Bahar Muharram - Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam merupakan pemain muda berbakat yang kini tergabung bersama Ansan Greeners, klub Liga 2 Korea. Rupanya bakat yang ia miliki merupakan pemberian dari sang ayah, Bahar Muharram.

Bahar Muharram dulu pernah bermain di PSM Makassar. Seusai pensiun, ia juga sempat menjadi pelatih fisik klub tersebut.

1. Bejo Sugiantoro - Rachmat Irianto

Rachmat Irianto

Nama Rachmat Irianto tentu sudah tidak asing di telinga. Ia merupakan pemain Persib Bandung yang memiliki kualitas apik. Tak hanya di level klub, nama Rachmat Irianto juga diperhitungkan di Timnas Indonesia.

Bakat yang dimiliki Rachmat Irianto rupanya diturunkan dari sang ayah, Bejo Sugiantoro. Bejo merupakan pemain Timnas Indonesia pada akhir 1990 hingga 2000an.

Tak hanya itu saja, Bejo juga tergabung bersama skuad Primavera dan pernah membela Persebaya Surabaya juga seperti sang anak.

Demikian 5 Pesepak Bola Indonesia yang Berkarier Mengikuti Jejak Sang Ayah, Mulai dari Liga Indonesia hingga Timnas Indonesia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini