Share

Cara Memilih dan Merawat Sarung Tangan Kiper

Zseztar Juvendhitama, Okezone · Jum'at 30 September 2022 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 51 2678139 cara-memilih-dan-merawat-sarung-tangan-kiper-xvZq6M4CSy.jpg Cara memilih dan merawat sarung tangan kiper (Foto: Instagram/PSSI)

CARA memilih dan merawat sarung tangan kiper akan dibahas di artikel ini. Memilih sarung tangan dan merawatnya dengan tepat sangat berguna ketika kita beraksi sebagai penjaga gawang.

Saat bermain sepakbola, memerlukan alat-alat yang memadai. Yang pertama, seorang pemain sepakbola harus mengetahui sepatu sebagai alat utama untuk bermain pada olahraga ini.

Gianluigi Donnarumma

Selain sepatu bola, sarung tangan juga merupakan alat yang wajib dakan bermain sepakbola untuk posisi khusus. Sarung tangan ini wajib dikenakan oleh para penjaga gawang atau kiper.

Pada perkembangannya, saat awal lahirnya sepakbola, penjaga gawang atau kiper tidak pernah memakai sarung tangan. Walau dilahirkan pertama kali pada tahun 1885 atau awal mula permainan sepakbola hadir, ternyata sarung tangan kiper baru mulai dipakai di sekitar tahun 1940 dan 1950.

Penjaga gawang pertama yang memakai sarung tangan di sepakbola ialah Amadeo Carrizo. Mulai saat itu, sarung tangan mulai menjadi perlengkapan yang patut di sepak bola. Pemakaian sarung tangan ini diadakan untuk melindungi serta memberi kenyamanan pada sang penjaga gawang ketika menepis bola yang keras atau ditendang dengan kecepatan penuh.

Dalam awal pemakaiannya, sarung tangan yang digunakan biasanya sarung tangan basah. Karena, pada saat itu belum ada industri yang benar-benar menjual sarung tangan spesifik untuk kiper. Tetapi saat ini, sudah banyak penjual sarung tangan yang menjalar di seluruh dunia dan dipakai oleh kiper-kiper profesional.

Untuk seorang penjaga gawang, memilih sarung tangan pun tidak bisa sesuka hati. Terdapat tips untuk memilih sarung tangan bagi seorang kiper.

Tips Memilih Sarung Tangan Kiper

Seperti kegunaannya untuk membuat kenyamanan, seorang penjaga gawang harus memilih sarung tangan yang cocok dengan ukuran tangannya agar nyaman saat dipakai. Sarung tangan pun mempunyai ukuran yang cocok dengan usia serta ukuran tangan seorang penjaga gawang, jadi perlu dipahami saat memilih ukuran yang akan dipakai.

Sebelum kamu memilih sarung tangan, harus melakukan pengukuran pada diameter tangan serta diameter jari penjaga gawang tersebut. Pastikan, lebihkan kurang lebih 2,5 cm dari diameter tangan penjaga gawang dan 1,5 cm dari diameter jari penjaga gawang untuk sarung tangan yang diinginkan agar bisa digunakan dengan nyaman.

Selain itu, wajib diketahui bentuk dari sarung tangan tersebut, mau di bagian jari-jari, telapak tangan, punggung tangan. Gunakan bahan yang sesuai serta nyaman untuk dipakai. Saat telah menemukan sarung tangan yang sesuai, seorang penjaga gawang tinggal memilih sarung tangan yang mempunyai Grip atau genggaman yang unggul pada bola agar dapat menangkapnya dengan mudah serta dapat menahan lajunya bola.

Gianluigi Buffon

Tips Merawat Sarung Tangan Kiper

Ketika selesai memilih dan mendapatkan sarung tangan yang cocok, sekarang saatnya untuk membahas tips merawat sarung tangan dengan benar. Umumnya, sarung tangan penjaga gawang mempunyai masa kadaluwarsa tertentu. Hal ini terjadi karena sarung tangan biasanya terbuat dari karet serta gampang terkikis ketika digunakan terus menerus untuk bermain.

Biasanya, sarung tangan dapat digunakan sebanyak 12-14 pertandingan. Jadi, penjaga gawang harus mempunyai persediaan sarung tangan yang cukup untuk memainkan banyaknya pertandingan. Ketika merawat sarung tangan, seorang penjaga gawang wajib terbiasa memakai sarung tangan pertandingan dan latihan yang berbeda, untuk memperhambat masa kadaluwarsa sarung tangan.

Habis itu, sarung tangan yang sudah dipakai harus segera dibersihkan. Di bawah ini tips membersihkan sarung tangan yang benar.

1.Membersihkan tiap sela-sela sarung tangan.

2. Bilas sarung tangan memakai air hangat lalu cuci memakai detergen agar membersihkan kotoran yang ada.

3.Siram air dingin lalu peras sarung tangan yang sudah disiram.

4. Jemur sarung tangan dan diamkan agar mengering secara alami. Bisa juga memakai kertas koran untuk membantu proses pengeringan agar lebih cepat.

Sesudah bersih dan sudah kering, sarung tangan harus ditaruh di tempat sejuk serta selalu dalam keadaan lembab agar tak berlumut dan cepat kadaluwarsa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini