Share

Hubungan Bima Sakti dengan Pemain Timnas Indonesia U-16 Terjalin Erat, Ternyata Ini Alasannya

Ilham Sigit Pratama, MNC Portal · Jum'at 19 Agustus 2022 06:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 19 51 2650398 hubungan-bima-sakti-dengan-pemain-timnas-indonesia-u-16-terjalin-erat-ternyata-ini-alasannya-EQGcfHXKs6.jpg Pelatih Bima Sakti memiliki caranya sendiri untuk dekat dengan para pemain Timnas Indonesia U-16. (Foto: PSSI)

JAKARTA - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16, Bima Sakti memiliki hubungan yang amat erat dengan para pemainnya. Hubungan tersebut tak terjalin begitu saja, melainkan ada upaya dari Bima Sakti, yakni dengan melakukan riset mendalam agar ia memiliki kedekatan dengan skuad Garuda Asia tersebut.

Sebagaimana diketahui, Bima Sakti terkenal sebagai pemain yang memiliki ikatan batin yang amat erat dengan anak asuhnya. Hal itu dilakukan untuk membuat para pemain merasa nyaman sehingga mampu konsisten mengeluarkan performa terbaik.

Namun, perjuangan Bima Sakti untuk memperoleh ikatan batin tersebut tidak mudah. Bima Sakti harus melakukan riset mendalam untuk memahami latar belakang dan karakter para pemain.

“Ada bukunya, saya catat semua orang tua pemain, pekerjaannya apa, ada datanya, anak ke berapa, background kedua orang tuanya, semua harus kita tahu,” kata Bima Sakti dikutip Youtube Sport 77 Official, Jumat (19/8/2022).

Timnas Indonesia U-16 berjumpa Presiden Jokowi di Istana Negara

Bahkan, Bima Sakti sampai menyempatkan diri mendatangi rumah dan sekolah asal para pemain untuk mengorek informasi. Uniknya, hal itu dilakukan tanpa sepengetahuan para pemain.

“Tahun 2019, mereka lagi TC, kita berangkat bersama tim pelatih, kita ke Mojokerto, ke Surabaya, ke Tangerang, kita datang ke rumah pemain itu, pemainnya gak tahu, mereka lagi TC, sudah satu kilometer, saya kabarin ke orang tua pemain, ‘pak bu, kita mau datang’” sambung Bima Sakti.

“kalau kita kabarin dari malam kasian, merepotakan orang tuanya, takutnya yang gak ada diada adain, mendadak gapapa, ‘pak bu kita mau lihat gimana di rumah’, banyak foto fotonya, kamarnya luar biasa,” tambahnya.

“Saya datang ke sekolah juga, saya tanya gurunya, tanya temen temennya juga, gimana perkembangan anaknya, mereka ada perubahan atau gak, katanya ‘enggak, mereka tetap seperti biasa’” lanjtunya.

Selama di sekolah asal sang pemain, Bima Sakti mengorek informasi soal kehidupan pribadi dan spiritual. Dirinya kemudian mengambil contoh ketika membangun ikatan batin dengan pemain Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan ketika masih diasuhnya.

“Seperti marselino kita tanya temen temennya, punya pacar apa nggak, itu perlu kita gali juga, ke masjidnya juga bener apa ngga nih anak anak ke masjid lima waktu, coach Indri ke gereja, bener gak dia ke gereja’” imbuh Bima sakti.

“Tiap minggu, pas abis makan kita panggil acak, kita panggil Marselino, kita tanya, 'gimana bapak ibu sehat? kamu mau bikinkan pabrik orang tua kamu roti?' Nangis dia, 'kok coach Bima tau'” ungkapnya.

Timnas Indonesia U-16

“’Di sekolah kamu punya temen namanya ini ini, kamu punya sepeda’, kaget dia, dia gak tahu, ternyata apa yang mereka sampaikan benar dengan apa yang kita gali di rumah dan di sekolah,” ujarnya.

Sebab itu, Bima Sakti memaklumi jika ada salah satu pemainnya yang memiliki sikap temperamen dan sulit mengontrol emosi di lapangan. Menurutnya, latar belakang dan lingkungan tempat sang pemain tinggal cukup mempengaruhi sifat sang pemain.

“Kita gak bisa menyalahkan kalau pemain itu emosional, gak bisa kita langsung blame, kita harus lihat juga nih, orang tuanya gimana, oh setelah kita teliti, dia tinggalnya di dekat pasar, keras, kita harus pelan pelan, karena mungkin dia liat dari kecil liat tawuran terus di situ,” tutup Bima Sakti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini