Share

Selain Latihan, Bima Sakti Ajak Pemain Timnas Indonesia U-16 Setor Hafalan Surat hingga Main PS Bersama

Ilham Sigit Pratama, MNC Portal · Jum'at 19 Agustus 2022 05:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 19 51 2650391 selain-latihan-bima-sakti-ajak-pemain-timnas-indonesia-u-16-setor-hafalan-surat-hingga-main-ps-bersama-amoDMvT1Vw.jpg Para pemain Timnas Indonesia U-16 melakukan kegiatan setor hafalan surat dan bermain PS bersama saat mengisi waktu luang. (Foto: PSSI)

JAKARTA - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16, Bima Sakti memiliki berbagai hal untuk meningkatkan fokus dan kerja sama tim selama tampil di Piala AFF U-16 2022. Baru-baru ini Bima Sakti membocorkan bahwa selain latihan, ia juga mengajak para pemain untuk main Playstation (PS) bersama dan melakukan hafalan surat Al-Quran bagi yang muslim dan Alkitab untuk Nasrani.

Keluarnya Timnas Indonesia U-16 sebagai juara Piala AFF U-16 2022 menyisakan banyak cerita unik. Beberapa diantaranya datang dari kegiatan para pemain dan tim pelatih di kala waktu senggang.

Bima Sakti memiliki kebijakan-kebijakan di luar sepakbola yang bertujuan untuk membentuk ikatan persaudaraan antar pemain. Legenda Timnas Indonesia itu pun menceritakan bahwa dirinya sempat menyewa playstation untuk dimainkan oleh para pemain dan tim pelatih.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti

Kala itu, Bima Sakti membentuk turnamen gim sepakbola yang diikuti oleh seluruh pemain dan tim pelatih. Uniknya, Bima Sakti mengatakan bahwa sang kapten kesebalasan, Iqbal Gwijangge keluar sebagai juara.

“Kemaren malah minggu pertama malah kita main PS, kita sewa PS, bikin turnamen, Iqbal yang juara, jago dia, dia di rumahnya itu kayanya ada rental ps itu, jadi waktu itu kita bikin game,” kata Bima Sakti dikutip Youtube Sport 77 Official, Jumat (19/8/2022).

Kegiatan para pemain di luar sepak ola tidak hanya yang berbau hura-hura. Waktu senggang skuad Garuda Nusantara juga diisi dengan kegiatan spiritual, yakni setor hafalan surat Al-Quran bagi yang muslim, dan bacaan Alkitab bagi yang non-muslim.

“Kegiatan banyak, jadi selain itu ada setor surat, baca-baca surat buat yang muslim, ada yang baca Alkitab, saya ada tuh videonya Ji Da-bin baca alkitab,” sambung Bima Sakti.

Seperti ketika bermain playstation, Bima Sakti juga membeberkan siapa pemain yang paling banyak menghafal surat. Figo Dennis, Ibnu Yazid menjadi pemain dengan hafalan surat terbanyak.

Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 2022

Tak kalah unik, Iqbal lagi-lagi termasuk sebagai pemain dengan hafalan surat terbanyak. Bima Sakti pun senang timnya mau menghabiskan waktu dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat.

“Minggu kedua setor surat, paling banyak Figo ada 24 surat, Ibnu 23, Iqbal juga termasuk lima besar, dia ada 25 surat, kita panggil satu-satu, ada tiga juri, saya coach Firman (Firmansyah), coach Gilang (Ramadhan), ada official official juga,” tambah Bima Sakti.

“Kita bawa alquran, mereka yang baca, ada yang salah kita betulin, walaupun kita bukan guru ngaji sebenarnya, cuman kita ajarkan supaya mereka hidupnya berkah,” imbuhnya.

Selanjutnya, Bima Sakti akan mempersiapkan Timnas Indonesia U-16 untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Turnamen yang digelar di Indonesia tersebut akan berlangsung pada 1-9 Oktober 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini