Share

Penyebab 6 Pemain Keturunan Indonesia Tolak Perkuat Timnas Indonesia, Nomor 1 Baru Jadi Sorotan Usai Ketemu Pelatih Manchester United

Djanti Virantika, Okezone · Rabu 17 Agustus 2022 09:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 51 2649323 penyebab-6-pemain-keturunan-indonesia-tolak-perkuat-timnas-indonesia-nomor-1-baru-jadi-sorotan-usai-ketemu-pelatih-manchester-united-XmJvMW6vBd.jpg Berikut penyebab 6 pemain keturunan menolak perkuat Timnas Indonesia. (Foto: Reuters)

PENYEBAB 6 pemain keturunan Indonesia tolak perkuat Timnas Indonesia menarik dikulik. Sebab, kehadiran mereka sejatinya dinantikan di skuad Timnas Indonesia karena dinilai bisa membuat tim jauh lebih kuat lagi.

Ya, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membidik sejumlah pemain keturunan Indonesia dalam beberapa waktu terakhir guna memperkuat skuad Garuda. Namun, tak semua pemain bidikannya mau menerima tawaran membela Timnas Indonesia.

BACA JUGA: Demi Kalahkan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Vietnam Langsung Cari Lawan Pengganti India

BACA JUGA: 5 Pelatih yang Layak Gantikan Bima Sakti jika Naik Pangkat ke Timnas Indonesia U-19, Nomor 1 Adalah Asisten Shin Tae-yong

 

Sejumlah alasan melatarbelakangi penolakan sejumlah pemain keturunan membela Timnas Indonesia. Apa saja? Berikut 6 pemain keturunan Indonesia tolak perkuat Timnas Indonesia.

6. Emil Audero

Emil Audero

Salah satu pemain keturunan Indonesia tolak perkuat Timnas Indonesia ialah Emil Audero. Hal ini dilakukan karena Emil ingin fokus membangun kariernya di Italia.

Saat ini, Emil bermain di Liga Italia bersama Sampdoria. Sebelumnya, kiper kelahiran Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18 Januari 1997 ini pernah membela Juventus. Hal itu tepatnya terjadi pada periode 2015-2019.

5. Jayden Oosterwolde

Jayden Oosterwolde

Lalu, ada nama Jayden Oosterwolde. Dia sempat masuk radar tim kepelatihan Timnas Indonesia U-19 yang dipimpin Shin Tae-yong. Jayden Oosterwolde diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20 2021 yang akhirnya dibatalkan.

Shin Tae-yong kepincut Jayden Oosterwolde karena performa impresifnya bersama klub liga teratas Belanda, FC Twente. Namun, dia akhirnya menolak tawaran itu karena memilih fokus mengejar impiannya membela Timnas Belanda.

“Melalui agen saya, saya sudah mengatakan saat ini saya fokus untuk membela Timnas Belanda. Indonesia dan Suriname belum masuk pertimbangan saya. Saya selalu bermimpi untuk Timnas Belanda dan saya sedang mengejarnya,” ujar Jayden, mengutip dari media Belanda, ELF Voetbol.

4. Jordy Wehrmann

Jordy Wehrmann

Selanjutnya, Jordy Wehrmann yang juga dibidik membela Timnas Indonesia, menolak penawaran yang datang. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh pihak PSSI.

“Iya, dia (Wehrmann) tidak bersedia, mas. Jordi Wehrmann sementara tidak menjadi target lagi,” kata anggota Komite Exco PSSI, Hasani Abdulgani, kala dihubungi MNC Portal Indonesia (MPI) pada April 2022.

Padahal, kehadiran Wehrmann bisa menjadi tambahan amunisi di lini tengah Timnas Indonesia. Sebab, dia bekerja ciamik bersama klub Swiss, FC Luzern.  

3. Daniel Klein

Daniel Klien

Di urutan ketiga, ada nama Daniel Klein. Pemain keturunan Indonesia ini diketahui berlaga di kasta teratas Liga Jerman bersama FC Augsburg.

Dalam sebuah wawancara, kiper dengan tinggi 192 cm ini mendapat pertanyaan apakah tertarik membela Timnas Indonesia, seperti yang dilakukan sejumlah pemain keturunan di Eropa. Namun, Daniel Klein mengatakan hatinya tetap untuk Jerman.

“Saya tidak tahu untuk saat ini, saya pikir aku akan tetap di tim nasional Jerman,” kata Daniel Klein mengutip dari akun Twitter @FT_IDN.

2. Kevin Diks

Kevin Diks

Kevin Diks menjadi pemain keturunan lain yang juga menolak memperkuat Timnas Indonesia. Dia Pemain andalan FC Copenhagen ini menolak penawaran memperkuat Timnas Indonesia karena alasan keluarga. Dikabarkan, dia tak mendapat restu dari orangtua.

Padahal, sebelumnya sang pemain sudah menunjukkan ketertarikan membela skuad Garuda. Namun, semua itu akhirnya gagal tercapai. Selain karena alasan keluarga, Kevin Diks menolak penawaran memperkuat Timnas Indonesia karena melihat peluang memperkuat Timnas Belanda.

1. Mees Hilgers

Mees Hilgers

Terakhir, ada nama Mees Hilgers. Pemain yang satu ini sedang jadi sorotan besar media-media karena kedapatan bertemu dengan pelatih Manchester United, Erik Ten Hag. Hal itu diketahui dari unggahan seorang fotografer asal Belanda, Jose Donatz, di Instagram pribadinya.

Dalam unggahannya, Jose Donatz mengunggah foto di mana ada Erik ten Hag dan juga Mees Hilgers berada dalam satu ruangan. Tampak Erik ten Hag dan Mees Hilgers berbincang seru sembari menikmati beberapa jamuan minuman.

Sebelum ramai disorot karena pertemuannya dengan Erik Ten Hag, Mees Hilgers santer dikaitkan dengan Timnas Indonesia. Sebab, Shin Tae-yong ikut kepincut memasukkannya ke skuad Timnas Indonesia.

Namun, hal itu urung terjadi karena Mees Hilgers juga tak mendapat restu dari orangtuanya untuk pindah kewarganegaraan. Dia pun santer dikabarkan sedang berjuang masuk ke skuad Timnas Belanda. Namun, hal itu belum juga tercapai sampai saat ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini