Share

5 Pelatih Hebat Indonesia yang Seangkatan Bima Sakti, Nomor 1 Tangani Cesc Fabregas

Rivan Nasri Rachman, Okezone · Selasa 16 Agustus 2022 23:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 51 2649239 5-pelatih-hebat-indonesia-yang-seangkatan-bima-sakti-nomor-1-tangani-cesc-fabregas-RkKiLRapO3.jpg 5 Pelatih Hebat Indonesia yang Seangkatan Bima Sakti. (Foto: AFF)

5 pelatih hebat Indonesia yang seangkatan Bima Sakti akan dibahas di artikel ini. Seperti yang diketahui, nama Bima Sakti saat ini semakin bersinar karena jasanya yang mengantarkan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022.

Apa yang dilakukan Bima Sakti mengingatkan bahwa sebenarnya talenta-talenta pelatih asal Indonesia bisa amat menjanjikan. Untuk saat ini, ada beberapa juru taktik Indonesia yang seangkatan Bima Sakti mampu memperlihatkan kehebatannya dalam meracik tim. Lantas siapa saja mereka?

Berikut 5 Pelatih Hebat Indonesia yang Seangkatan Bima Sakti:

5. Francis Wewengkang

Francis Wewengkang

Francis Wewengkang saat ini adalah asisten pelatih RANS Nusantara FC. Ia menemani Rahmad Darmawan untuk menangani klub milik Raffi Ahmad tersebut.

Francis sendiri merupakan rekan setim Bima Sakti di Timnas Indonesia dulu. Dalam hal melatih, sejauh ini Francis baru dipercaya untuk menjadi asisten pelatih, baik di RANS FC, lalu dulu pernah di Persita Tangerang, Persikabo 1973, dan Sriwijaya FC.

4. Indriyanto Nugroho

Indriyanto Nugroho

Sama seperti Francis, Indriyanto saat ini juga masih berstatus asisten pelatih, tepatnya ia berada di Timnas Indonesia U-16. Ya, ia ikut membantu Bima Sakti untuk membawa Timnas Indonesia U-16.

Tentu masukkanya berperan penting dalam keputusan Bima Sakti dalam meracik strategi. Sejauh ini ia baru merasakan dunia kepelatihan di Timnas Indonesia U-16 dan diharapkan bisa terus berkembang agar suatu saat nanti dipercaya melatih suatu tim.

3. Sudirman

Sudirman

Sudirman saat ini tak memiliki klub yang dilatih. Namun, beberapa bulan yang lalu ia adalah pelatih sementara Persija Jakarta. Sebelumnya, ia juga bagian dari asisten pelatih tim Macan Kemayoran tersebut.

Sudirman bahkan sudah pernah menjadi bagian tim kepelatihan Timnas Indonesia U-19 pada era 2000-an. Tentunya diharapkan Sudirman yang merupakan rekan setim Bima Sakti di Timnas Indonesia bisa mengikuti kesuksesan pelatih berusia 46 tahun tersebut.

2. Widodo Cahyono Putro

Widodo Cahyono Putro (Cikal Bintang/MPI)

Widodo saat ini menjabat sebagai pelatih kepala di Bhayangkara FC. Ia dipercaya melatih The Guardians sejak Mei 2022 lalu. Sebelumnya, Widodo pun sudah beberapa kali dipercaya untuk menangani tim-tim besar di Liga 1.

Sebut saja seperti Bali United, Persita Tangerang, dan Sriwijaya FC. Widodo pun pernah masuk ke dalam bagian tim kepelatihan Timnas Indonesia 2010-2015 sebagai asisten pelatih.

1. Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan saat ini menjadi asisten pelatih di Como 1907, klub yang bermain di Serie B Liga Italia. Pria yang memiliki lisensi A itu dipercaya membantu Giacomo Gattuso menangani Como sejak 1 Januari 2022 silam.

Kurniawan pun dikontrak selama lima tahun, yang berarti berakhir pada Januari 2027. Kurniawan pun mampu dipercaya membantu klub Italia itu karena kemampuannya dalam meracik strategi sangat hebat.

Menariknya, di Como saat ini diperkuat oleh mantan pemain Arsenal dan Barcelona, Cesc Fabregas. Hal itu berarti Kurniawan bisa dikatakan ikut melatih Fabregas.

Kurniawan dulunya juga pernah menjadi pelatih klub asal Malaysia, Sabah FC pada 2019 silam. Ia juga pernah menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 di 2019 dan Timnas Indonesia pada 2018.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini