Share

Demi Tampil Maksimal di Piala Dunia U-20 2023, Shin Tae-yong Minta Ada Pemain Naturalisasi di Timnas Indonesia U-19

Andri Bagus Syaeful , MNC Portal · Rabu 20 Juli 2022 21:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 20 51 2633373 demi-tampil-maksimal-di-piala-dunia-u-20-2023-shin-tae-yong-minta-ada-pemain-naturalisasi-di-timnas-indonesia-u-19-FjNWfc6hNW.jpg Shin Tae-yong mau Timnas Indonesia U-19 diperkuat pemain naturalisasi saat tampil di Piala Dunia U-20 2023. (Foto: Instagram/shintaeyong7777)

JAKARTA - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Shin Tae-yong telah meminta kepada PSSI untuk segera menaturalisasi sejumlah pemain. Permintaan itu Shin Tae-yong ungkap karena ia tahu beutuh kekuatan tambahan di skuad Timnas Indonesia U-19 jika ingin bisa bersaing dan tampil maksimal saat melakoni turnamen Piala Dunia U-20 2023.

Permintaan Shin Tae-yong tersebut ia utarakan langsung kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Waketum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, Wakil Sekjen Maaike Ira Puspita, Exco Vivin Sungkono, Manager Tim U-19 Endri Erawan, Asisten Manajer Sumardji, hingga kepada Direktur Teknik Indra Sjafri. Shin Tae-yong mengungkapkannya dalam rapat evaluasi Timnas Indonesia U-19.

"Khusus untuk Timnas Indonesia U-19 membutuhkan pemain baru termasuk program naturalisasi," ucap Shin Tae-yong dilansir dari laman resmi PSSI, Rabu (20/7/2022).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Shin Tae-yong mengatakan Timnas Indonesia U-19 harus dipersiapkan dengan matang dalam menyambut Piala Dunia U-20 2023. Pasalnya, lawan yang dihadapi syarat dengan kualitas mumpuni.

Karena itu, Shin Tae-yong butuh dukungan berbagai pihak dalam menyiapkan Timnas Indonesia U-19. Hal itu juga termasuk segera hadirnya pemain-pemain naturalisasi untuk Timnas Indonesia U-19

"Ini harus dilakukan karena persaingan di Piala Dunia U-20 akan berjalan keras, ketat, dan berat sehingga dibutuhkan pemain yang benar-benar siap dari sisi apapun," kata pelatih asal Korea Selatan itu.

Menurut Shin Tae-yong, ada beberapa kekurangan di skuad Garuda Nusantara, khususnya untuk posisi stopper, bek kiri, bek kanan, pengatur serangan, dan gelandang bertahan. Sejatinya Shin Tae-yong cukup puas dengan Arkhan Fikri karena mampu menjalankan tugas dengan bagus sebagai gelandang, tetapi ada beberapa catatan.

"Skill juga bagus, tetapi tingginya kurang. Saat tampil di Piala Dunia U-20, kami akan menghadapi tim dengan postur yang tinggi-tinggi dan kekar," sambung Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia U-19

Shin Tae-yong juga mengatakan catatan itu menjadi pertimbangannya untuk menambah pemain. Hal itu setidaknya agar Timnas Indonesia U-19 bisa memberikan penampilan terbaik dalam ajang itu.

"Jadi, tentu di tim ini butuh pemain baru termasuk pemain naturalisasi," imbuhnya.

Indonesia seperti yang diketahui menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Karena berstatus tuan rumah itulah pada akhirnya Timnas Indonesia U-19 untuk pertama kalinya bermain di ajang paling besar di kelompok umur tersebut, yakni Piala Dunia U-20.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini