Share

Klub Liga Malaysia Berjaya di Kompetisi Antarklub Asia, Media Malaysia Sindir Indonesia

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 51 2621612 klub-liga-malaysia-berjaya-di-kompetisi-antarklub-asia-media-malaysia-sindir-indonesia-8mlUWGvTVY.jpg Kedah Darul Aman salah satu klub Malaysia yang tampil di kompetisi antarklub Asia. (Foto: Twitter/@kda_fc)

MEDIA Malaysia, Makan Bola, menyindir Indonesia, tepatnya netizen Tanah Air. Sindiran itu dilontarkan karena kesal Liga Super Malaysia kerap disebut netizen Indonesia sebagai Liga Petani.

Liga Petani kerap ditujukan kepada kompetisi yang juaranya itu-itu saja. Di Eropa, Liga Prancis dan Liga Jerman masuk kategori Liga Petani, mengingat PSG (Prancis) dan Bayern Munich (Jerman) mendominasi kompetisi di sana.

JDT

(JDT, kekuatan utama di sepakbola Malaysia saat ini)

Begitu juga dengan Liga Super Malaysia. Mereka layak disebut Liga Petani karena dalam delapan musim terakhir (2014-2021), gelar juara Liga Super Malaysia selalu disabet Johor Darul Takzim (JDT)

Karena itu, ketika calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat, diresmikan sebagai pemain JDT, sejumlah oknum pencinta Timnas Indonesia tak menyetujui keputusan bek asal Spanyol tersebut.

Penyebabnya karena Liga Malaysia kualitasnya disebut tak jauh dari Liga Indonesia. Padahal, faktanya, peringkat Liga Malaysia dan Liga 1 (Indonesia) berbeda jauh.

Dalam ranking kompetisi Asia saat ini, Malaysia menduduki peringkat sembilan Asia. Jika hanya menghitung zona timur saja, Malaysia menempati peringkat empat.

Bagaimana dengan Indonesia? Secara keseluruhan di Asia, Indonesia menempati posisi 27! Sementara itu, jika menghitung kawasan timur saja, Indonesia menduduki posisi 11.

Bagusnya posisi Malaysia di ranking Asia, salah satunya berkat kiprah apik wakil-wakil Negeri Jiran di kompetisi antarklub Asia, seperti Liga Champions Asia dan AFC Cup 2022. Di Liga Champions Asia 2022, JDT lolos ke 16 besar setelah finis sebagai juara Grup I setelah mengungguli Kawasaki Frontale (Jepang), Ulsan Hyundai (Korea Selatan) dan Guangzhou (China).

Kedah Darul Aman

(Kedah Darul Aman lolos ke semifinal AFC Cup 2022 zona Asia Tenggara)

Nantinya di babak 16 besar, JDT bakal bersua runner-up Grup E asal Jepang, Urawa Reds. Tak hanya di Liga Champions Asia, di AFC Cup 2022 wakil-wakil Malaysia juga unjuk gigi. Dua wakil mereka, Kedah Darul Aman dan Kuala Lumpur City melaju ke semifinal AFC Cup 2022 zona Asia Tenggara.

Liga Petani

โ€œLiga Petani Malaysia membuktikan bahwa kami benar-benar kompetitif, tidak seperti yang dilontarkan di luar sana. Malaysia memperkuat posisi dengan menempati posisi empat di Asia Timur, dan kesembilan secara keseluruhan,โ€ tulis Makan Bola.

โ€œMalaysia kini memiliki dua perwakilan di fase gugur AFC Cup. Kemudian, juga punya wakil di 16 besar Liga Champions Asia. Satu lagi, kami juga lolos ke Piala Asia 2023,โ€ tutup Makan Bola.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini