Share

Timnas Indonesia Tak Terpengaruh Cuaca Panas saat Tampil di Kuwait, Shin Tae-yong Beberkan Penyebabnya

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 51 2615060 timnas-indonesia-tak-terpengaruh-cuaca-panas-saat-tampil-di-kuwait-shin-tae-yong-beberkan-penyebabnya-LQ52ddAQeu.jpg Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Foto: PSSI)

JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Indonesia bermain di cuaca yang amat panas kala tampil di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Namun, cuaca panas di Kuwait itu nyatanya tak terlalu mempengaruhi permainan skuad Garuda hingga akhirnya mampu merebut tiket ke Piala Asia 2023.

Menurut pemaparan, Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, para pemain telah diberikan informasi cara untuk mengatasi cuaca panas di Kuwait yang mencapai 42 derajat celcius. Informasi itu pun berasal dari Shin Tae-yong langsung karena ia mengaku telah berpengalaman bermain melawan tim-tim dari Timur Tengah.

Suhu memang panas menjadi tantangan tersendiri bagi Timnas Indonesia saat tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023. Tetapi hebatnya, Timnas Indonesia mampu menjawab tantangan tersebut dan lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong membeberkan kunci keberhasilan anak asuhnya menjawab tantangan suhu udara tersebut. Pelatih asal Korea Selatan itu menekankan kepada Witan Sulaeman dan kolega agar berkonsentrasi dan tidak terbawa ritme permainan tim lawan.

Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

“Itu adalah kandang Kuwait dan suhunya naik sampai 42 derajat, tapi lawan tidak bisa berbuat banyak, saya sudah mengalami banyak hal di Timur Tengah semasa masih menjadi pemain, saya pikir jika Anda berkonsentrasi, Anda memiliki peluang yang cukup tinggi untuk menang di babak kedua,” kata Shin Tae-yong dilansir FN News, Senin (20/6/2022).

“Saya memberi tahu caranya kepada para pemain, agar mereka bertarung dengan duel yang kuat agar tidak terbawa ritme permainan Timur Tengah,” tambahnya.

Timnas Indonesia memiliki tren sulit menang jika kebobolan lebih dulu. Namun hebatnya, Timnas Indonesia mampu membalikkan keadaan saat tertinggal lebih dulu dari Kuwait di laga perdana.

Selain itu, intensitas permainan yang ditunjukkan Timnas Indonesia memang tampak tidak menurun selama 90 menit. Terbukti, kala menghadapi Nepal di laga pamungkas, Timnas Indonesia terus tampil agresif meski sudah unggul banyak.

Shin Tae-yong pun membeberkan cara dirinya menyuntik mental para pemain sehingga mampu melakukan hal-hal tersebut. Eks pelatih Timnas Korea Selatan itu pun puas karena para pemainnya mampu menunjukkan karakter yang diinginkannya.

“Karena mereka berada di area yang panas, disposisi keseluruhan cenderung santai dan tidak mendesak, pendekatan kepada mereka harus lembut.

Fakta menarik Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023

“Memang ada saat dimana mental mereka turun, dan ada saat mereka menunjukkan mental untuk menang, saya kira potensi mereka sudah cukup, para pemain mengikuti arahan pelatih, dan mereka berkembang pesat,” tuturnya.

“Dulu pemain Indonesia tidak bisa menang melawan tim Timur Tengah, tapi saya pikir saya bisa melakukannya, nyali mereka tidak ciut di kandang lawan dan mereka bertarung dengan baik,” lanjut Shin Tae-yong.

Kini Timnas Indonesia memiliki waktu kurang lebih setahun persiapan sebelum Piala Asia 2023 berlangsung. Tentunya diharapkan dalam kurun waktu tersebut, skuad Garuda bisa berkembang semakin pesat agar bisa berbicara banyak pada turnamen sepakbola terbesar di Asia tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini