Share

Kisah Miris Eks Penyerang Naturalisasi Timnas Indonesia Jhonny van Beukering: Jadi Satpam Klub Striptis di Belanda

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 05:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 51 2614410 kisah-miris-eks-penyerang-naturalisasi-timnas-indonesia-jhonny-van-beukering-jadi-satpam-klub-striptis-di-belanda-SnWPuk7zXb.jpg Jhonny van Beukering saat latihan bersama Timnas Indonesia (Foto: Okezone)

JHONNY van Beukering adalah salah satu pemain keturunan yang dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia beberapa tahun silam. Nah, bagaimana nasibnya sekarang?

Sebagaimana diketahui, PSSI tengah gencar mencari pemain keturunan untuk memperkuat Timnas Indonesia. Meski tampak baru gencar melakukannya sekarang, tindakan ini sejatinya sudah dilakukan sejak beberapa tahun silam.

Jhonny van Beukering (Foto: Instagram/@jhonny29983)

Salah satu pemain keturunan yang telah dinaturalisasi adalah Van Beukering. Dia dinaturalisasi jelang bergulirnya Piala AFF 2012 dengan harapan membantu Timnas Indonesia menjadi juara.

Sayangnya, pemain berdarah Belanda-Indonesia itu hanya tampil dua kali untuk Timnas Indonesia. Sebab, Skuad Garuda gagal lolos dari fase grup.

Van Beukering sempat bermain di Pelita Bandung Raya. Akan tetapi, Van Beukering akhirnya kembali ke Belanda.

Pada Januari 2014, Van Beukering tersandung kasus kriminal karena polisi menemukan 600 pohon ganja tertanam di salah satu rumahnya di Arnhem. Van Beukering membantah kalau ia yang menanam tumbuhan tersebut.

Setelah pensiun pada 2019, nama Van Beukering makin tengelam. Ternyata, beberapa tahun terakhir ini, dia pun mengalami kesulitan secara finansial. Dia bahkan menjalani beberapa profesi, mulai dari pelatih klub lokal, konsultan kesehatan mental, dan instruktur pusat kebugaran hingga penjaga pintu di klub striptis di De Nacht, Tilburg, ketika akhir pekan.

"Saya berubah dari surga menjadi neraka. Orang-orang tidak tahu betapa dalam saya terjatuh. Saya kehilangan segalanya, benar-benar segalanya. Kami harus hidup dengan keluarga dengan penghasilan 50 euro per pekan," ujar Van Beukering kepada Algemeen Dagblad.

"Saya berdiri di depan gereja atau masjid memberikan paket makanan dari Bank Makanan. Paket makanan yang sebenarnya dibutuhkan keluarga dan saya sendiri karena kami tidak memiliki apa-apa di rumah," ujarnya.

Jhonny van Beukering (Foto: Istimewa)

"Jadikan ini sebagai peringatan untuk pesepakbola lainnya yang berencana untuk memulai petualangan asing di negara spesial, pikirkan uangmu, dan ketahui apa yang anda hadapi, jangan kaget," kata mantan pemain Pelita Bandung Raya itu.

"Pekerjaan (penjaga pintu di klub striptis) yang menyenangkan, bisa melihat wanita berjam-jam, siapa yang tidak menginginkannya, sejauh ini, ini adalah klub terbaik dalam karier saya," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini