Share

Viral #STYOut di Media Sosial, Pencinta Timnas Indonesia U-23 Terpecah Belah

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 08:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 51 2597157 viral-styout-di-media-sosial-warganet-fans-timnas-indonesia-u-23-terpecah-belah-RGcNapQQTk.jpg Seruan #STYout viral di media sosial Twitter (Foto: Reuters)

VIRAL #STYOut di media sosial Twitter, membuat sejumlah fans Timnas Indonesia U-23 terpecah belah. Tak sedikit yang menyuarakan agar pelatih Shin Tae-yong segera angkat kaki dari Timnas Indonesia. Namun, banyak pula yang membela pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Sejumlah fans Timnas Indonesia U-23, yang membela Shin Tae-yong justru menuduh Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI), yang harus bertanggung jawab atas kegagalan tim kesayangannya. Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-23 gagal melaju ke Final SEA Games 2021 usai takluk dari Timnas Thailand U-23.

Timnas Indonesia U-23

Bermain di Stadion Tienh Truong Nam Dinh, Hanoi, pada Kamis, 19 Mei 2022 sore WIB, skuad Garuda Muda bertekuk lutut 0-1 dari Timnas Thailand U-23. Gol Weerathep Pomphun di menit 94 pada babak tambahan, memupus asa Timnas Indonesia U-23 untuk mendulang emas di SEA Games 2021.

Karena kekalahan tersebut, sebagian pecinta sepak bola Indonesia kecewa dengan kinerja Shin Tae-yong. Ia dinilai gagal menyamai catatan pelatih Timnas Indonesia U-23 sebelumnya, yang berhasil mencapai partai final.

“Mau apa lagi? Wis wayahe STY Out, tiga tahun tanpa hasil apa-apa, kesempatan terakhir AFF 2022,” tulis warganet dengan nama pengguna @paklikkolas.

“Pemain tidak salah, yang bertanggung jawab ya pelatih, lihat permainan tidak berkembang juga pemilihan pemain yang kurang baik, sia-sia uang banyak buat training di Korea dan lain-lain, gaji pelatih tertinggi di Asia Tenggara, tapi hasilnya mengecewakan, #STYOut,” cuit warganet dengan nama pengguna @EHiranata.

Banyak pula warganet yang tidak sependapat dengan seruan tersebut. Beberapa lainnya menyalahkan PSSI atas kegagalan Timnas Indonesia U-23 mengakhiri puasa medali emas.

Timnas Indonesia U-23

PSSI dinilai gagal menciptakan atmosfer kompetisi dengan benar. Mereka menyerukan reformasi total di tubuh PSSI.

“Bagi kalian yang ngetweet #STYOut apa emang udah nyiapin pengganti beliau? Kalau ada, siapa? Jangan ujug-ujug out dulu deh, perbaiki dulu liganya, syukur-syukur kita punya pelatih kelas dunia,” kata warganet dengan nama pengguna @wfroramadhani.

“Dari pada STY yang out ya mending itu anggota-anggota PSSI aja yang ganti semua, reformasi total seluruh anggota PSSI, bikin liga gitu-gitu aja terus, masalah banyak, ruwet,” kata warganet dengan nama pengguna @mbah_FPL.

Lantas apakah Shin Tae-yong akan hengkang dari Timnas Indonesia? Ya, sampai sejauh ini belum ada keputusan apapun dari PSSI. Akan tetapi, Sekjen PSSI, Yunus Nusi sempat mengeluarkan komentar setelah Timnas Indonesia finis runner-up di Final Piala AFF 2020 silam.

““Dalam diskusi dan rapat di internal PSSI, semua tetap menghargai sebuah keputusan yang bersifat kolektif kolegial. Keputusan kolektif kolegial PSSI itu antara lain tetap memberikan kepercayaan kepada Shin Tae-yong hingga 2023 sesuai kontrak. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk memperpanjang kontrak jika performa timnas terus meningkat,” kata Yunus Nusi dalam keterangan pers yang diterima Okezone.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini