Share

Timnas Futsal Indonesia Raih Medali Perak di SEA Games 2021, Penampilannya Diklaim Lebih Baik ketimbang di Piala AFF 2022

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Kamis 19 Mei 2022 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 51 2596761 timnas-futsal-indonesia-raih-medali-perak-di-sea-games-2021-penampilannya-diklaim-lebih-baik-ketimbang-di-piala-aff-2022-gV066Q6ZCD.jpg Timnas Futsal Indonesia raih medali perak di SEA Games 2021. (Foto: Instagram/@federasifutsal_id)

JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia berhasil meraih medali perak di SEA Games 2021. Penampilan Timnas Futsal Indonesia di SEA Games 2021 pun langsung diklaim lebih baik ketimbang tampil di Piala AFF 2022. Hal ini disampaikan asisten pelatih Timnas Futsal Indonesia, Sayan Karmadi.

Ya, Timnas Futsal Indonesia dipastikan meraih perak setelah memastikan diri finis di peringkat kedua klasemen. Hal itu didapatkan setelah imbang 1-1 melawan Thailand di laga terakhir futsal SEA Games 2021.

Timnas Futsal Indonesia

Hasil ini membuat Timnas Futsal Indonesia mengukir sejarah baru sepanjang berpartisipasi di SEA Games. Sebelumnya pada 2007, 2011, dan 2013, raihan tertinggi Timnas Futsal Indonesia adalah meraih medali perunggu.

BACA JUGA: Timnas Futsal Indonesia Amankan Medali Perak di SEA Games 2021

Sayan Karmadi mengatakan ini merupakan tanda bahwa skuad Garuda semakin berkembang dari hari ke hari. Bila dibandingkan penampilan ketika Piala AFF 2022 yang digelar pada April, Timnas Futsal Indonesia dinilai sudah lebih baik.

BACA JUGA: Pastikan Raih Medali Perak di SEA Games 2021, Timnas Futsal Indonesia Torehkan Prestasi Membanggakan

Di ajang itu, Ardiansyah Runtuboy dkk meraih juara kedua. Mereka kalah di partai final melawan Thailand melalui adu penalti.

Satu faktor yang membuat Timnas Futsal Indonesia lebih baik menurut Sayan adalah para pemain sudah bisa mengontrol emosi. Jadi, mereka bisa lebih kompak mengantisipasi kekuatan lawannya.

β€œAnak-anak lebih bisa mengontrol emosi dan bisa lebih kompak dari sebelumnya karena lawan pasti lebih waspada dari sebelumnya karena antisipasi setelah melihat kita di AFF kemarin,” ucap Sayan kepada MNC Portal, Kamis (19/5/2022).

Bukan hanya itu, penampilan semakin baik juga disebabkan faktor nonteknis. Sayan berkata lapangan di Ha Nam Stadium juga mempengaruhi performa skuad Garuda.

Timnas Futsal Indonesia

β€œAda perbedaan lapangan yang digunakan juga mempengaruhi kecepatan bermain anak-anak karena lapangan sedikit memperlambat gerakan dibanding lapangan yang di AFF,” lanjutnya.

Para pemain pun kini diproyeksikan kembali ke klubnya masing-masing lebih dulu. Nantinya, mereka kembali dikumpulkan untuk menghadapi Piala Asia Futsal 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini