Share

5 Pemain yang Bernasib Sial Usai Hengkang dari Persib Bandung, Nomor 1 Pemain Naturalisasi Indonesia

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 10 Mei 2022 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 10 49 2591845 5-pemain-yang-bernasib-sial-usai-hengkang-dari-persib-bandung-nomor-1-pemain-naturalisasi-indonesia-Cg7RQlcEeO.jpg 5 pemain yang bernasib sial usai hengkang dari Persib Bandung (Foto: Instagram/@matsunaga.shohei)

SEBANYAK 5 pemain yang bernasib sial usai hengkang dari Persib Bandung bakal dibahas pada artikel ini. Ya, kinerja Persib Bandung sempat mendapat sorotan pada medio 2017 silam.

Ketika itu di akhir musim, Persib Bandung banyak melepas para pemainnya, yang justru eks pemain mereka bernasib sial. Pasalnya, usai hengkang dari Maung Bandung (julukan Persib Bandung) karier para pemain itu tidak semoncer ketika bermarkas di Kota Bandung.

Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud? Berikut 5 pemain yang bernasib sial usai hengkang dari Persib Bandung:

5. Jajang Sukmara

Jajang Sukmara

Meniti karier di Persib Bandung sejak remaja, ternyata tidak menjamin Jajang Sukmara jadi andalan Persib Bandung di level senior. Enam tahun naik level dari level junior, Jajang Sukmara dibuang oleh Maung Bandung pada Desember 2017 ke PSMS Medan.

Sayangnya, di PSMS Medan ia tidak menunjukkan performa yang bagus. Hal itu membuat PSMS Medan mencoretnya dari skuad tim pada pertengahan musim.

Usai dibuang oleh PSMS Medan, Jajang Sukmara pun tak jelas. Ia kerap dibuang oleh klub yang menampungnya karena tidak menunjukkan performa apik. Saat ini, ia diketahui membela Dewa United usai dibuang PSCS Cilacap.

4. Shohei Matsunaga

Shohei Matsunaga

Shohei Matsunaga sendiri sudah cukup akrab dengan lingkungan Persib Bandung. Pasalnya, ia sudah dua periode mencicipi karier di Kota Bandung.

Pertama ia diimpor Persib Bandung dari klub Jepang, Ehime FC pada 2011. Akan tetapi, kinerjanya kurang memuaskan dan hengkang ke Persiba Balikpapan. Uniknya, pada 2017 ia kembali ke Persib Bandung.

Namun, ia hanya bertahan satu tahun saja. Sebab, pada 2018 ia dilego ke Persela Lamongan. Di Persela Lamongan, ia tampak tak menunjukkan progress yang signifikan. Akhirnya, ia pun dibuang ke PSMS Medan, meski baru menjajaki Persela Lamongan setengah musim.

Sialnya, di usianya yang masih aktif ini karier Shohei Matsunaga tampak tak jelas. Pemain 33 tahun ini pun diketahui tidak memiliki klub, setelah diputus kontrak oleh PSIS Semarang pada 2019.

3. Purwaka Yudhi

Purwaka Yudhi

Bek tengah satu ini sempat melirik perhatian Persib Bandung pada 2016. Di tahun itu pun ia direkrut oleh Maun Bandung dari Arema FC. Akan tetapi, satu tahun di Perisb Bandung, performanya tidak membuat Maung Bandung mempertahankannya.

Ia pun dibuang kembali pada ke Arema FC pada 2018. Sempat mendapat tempat utama di Singo Edan (julukan Arema FC), ia tak bertahan lama. Sebab, Purwaka Yudhi mulai kalah saing dengan beberapa bek di Arema FC.

Hal itu pun membuatnya dibuang ke PSS Sleman pada 2019. Saat ini pun ia diketahui bermain di PSIM Yogyakarta.

2. Raphael Maitimo

Raphael Maitimo

Memiliki pengalaman di Belanda, nyatanya tidak membuat Raphael Maitimo mendapat tempat utama ketika bermain di Persib Bandung. Ia justru terpinggirkan pada tahun 2018 dan hengkang ke Madura United.

Padahal, di Persib Bandung, Raphael Maitimo tampil cukup menjanjikan. Ia sempat mencetak sembilan gol dari 28 pertandingan selama di Maung Bandung. Akan tetapi, itu tak cukup meyakinkan pihak klub.

Setelah terkatung-katung, akhirnya Raphael Maitimo kembali berlaga di Liga Indonesia, setelah diambil Persita Tangerang pada 2020. Ia pun saat ini diketahui baru diboyong oleh Barito Putera pada akhir Desember 2021 silam.

1. Sergio van Dijk

Sergio van Dijk

Di urutan pertama, ada Sergio van Dijk, salah satu pemain keturunan Indonesia, yang namanya sempat mencuta pada 2013. Ketika itu Persib Bandung memboyong Sergio van Dijk dari klub Australia, Adelaide United.

Akan tetapi, kinerjanya tak cukup memuaskan bagi Persib Bandung. Akhirnya ia pun tersingkirkan dan hengkang ke Sepahan, salah satu klub Iran pada akhir 2013.

Meski, tak lagi di Persib Bandung, Sergio van Dijk sempat mendapat status Warga Negara Indonesia (WNI) pada 2014. Ia pun dipanggil membela Timnas Indonesia. Hanya saja performanya tak memuaskan publik.

Dari situ, nasibnya kian tak jelas. Namun, Persib Bandung mencoba memberinya kesempatan pada 2016. Dua tahun berseragam Persib Bandung, performa Sergio van Dijk masih diragukan. Penyerang 39 tahun itu pun akhirnya dibuang ke klub amatir Belanda, VV Pelikaan-S hingga memutuskan pensiun pada 2020.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini