Share

5 Fakta Liverpool vs Real Madrid di Final Liga Champions 2021-2022, Nomor 1 Curi Perhatian

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 05 Mei 2022 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 05 261 2589556 5-fakta-liverpool-vs-real-madrid-di-final-liga-champions-2021-2022-nomor-1-curi-perhatian-xUsDRV8dWX.jpg Salah satu pertemuan Liverpool vs Real Madrid di Liga Champions. (Foto: Reuters)

5 fakta Liverpool vs Real Madrid di final Liga Champions 2021-2022 menarik dikulik. Sebab, duel ini diyakini akan berjalan seru dan sengit.

Ya, Liverpool dan Real Madrid sukses menembus partai puncak Liga Champions usai tampil ciamik di semifinal. Mereka akan bersua di Stade de France, Paris, Minggu 29 Mei 2022 pukul 02.00 WIB.

BACA JUGA: Melangkah ke Final, Real Madrid Selalu Sajikan Drama sejak Babak 16 Besar Liga Champions 2021-2022

Jelang laga tersebut, ada sederet fakta yang menarik dikulik. Apa saja? Berikut 5 fakta Liverpool vs Real Madrid di final Liga Champions 2021-2022.

BACA JUGA: Real Madrid Hadapi Liverpool di Final Liga Champions 2021-2022, Begini Reaksi Carlo Ancelotti

5. Final Ketiga Liverpool vs Real Madrid di Liga Champions

Real Madrid vs Liverpool

Salah satu fakta menarik dari duel ini adalah menjadi pertemuan ketiga bagi Liverpool dan Real Madrid di final Liga Champions. Mereka sebelumnya sudah bersua pada final Liga Champions 1980-1981 dan 2017-2018.

Hasilnya, di final Liga Champions 1980-1981, Liverpool sukses meraih kemenangan dengan skor 1-0. Namun, di final Liga Champions 2017-2018, Real Madrid yang gentian menyegel gelar juara usai melibas Liverpool 3-1.

4. Pertemuan Kesembilan di Liga Champions

Real Madrid vs Liverpool

Jika sebelumnya membahas soal pertemuan di final Liga Champions, mari menilik rekor pertemuan mereka secara keseluruhan di ajang Liga Champions. Tercatat, Liverpool dan Real Madrid sudah bersua 8 kali sejauh ini.

Hasilnya, Liverpool unggul karena meraih 4 kemenangan. Madrid sendiri mengantongi 3 kemenangan, sementara 1 laga lainnya berakhir imbang. Jadi, laga final Liga Champions 2021-2022 akan menjadi pertemuan kesembilan bagi kedua tim.

3. Duel Terakhir Berlangsung Sengit

Real Madrid vs Liverpool

Fakta lainnya berasal dari pertemuan terakhir kedua tim. Liverpool dan Real Madrid terakhir bersua pada laga leg II babak perempatfinal Liga Champions 2020-2021. Duel yang digelar di Stadion Anfield pada 15 April 2021 ini berlangsung sangat sengit.

Madrid datang ke markas Liverpool dengan kondisi unggul 3-1 usai menang di laga leg I. Tak ayal, Karim Benzema dkk tampil lebih lepas ketimbang Liverpool yang tetap merasa tertekan, meski berlaga di markasnya sendiri.

Madrid pun mampu tampil ciamik. Di tengah gempuran Liverpool, mereka bisa terus menjaga keuggulannya. Duel yang berlangsung sengit ini pun rampung dengan skor kacamata alias 0-0. Dengan begitu, Madrid dipastikan lolos ke semifinal.

2. Catatan Ciamik Carlo Ancelottti dan Jurgen Klopp

Carlo Ancelotti

Laga final ini juga memperciamik catatan pelatih dari masing-masing klub. Untuk Jurgen Klopp, ini menjadi final keempatnya di ajang Liga Champions.

Klopp dua kali mengantar Liverpool ke final, di mana satu di antaranya membuahkan gelar juara. Sebelum laga final bersama Liverpool, Klopp juga mengantar Borussia Dortmund ke titik yang sama beberapa tahun lalu.

Pencapaian ini membawa Klopp menyamai rekor pelatih besar yang sukses mencapai babak final Liga Champions hingga empat kali. Beberapa di antaranya adalah Sir Alex Ferguson, Carlo Ancelotti, dan Marcelo Lippi.

Selang satu hari dari Klopp menyamai rekornya, Carlo Ancelotti langsung mempertajam catatannya dengan membawa Madrid ke final. Jadi, ini menjadi final kelima Ancelotti di Liga Champions. Dia pun menjadi pelatih yang paling banyak mencapai partai puncak Liga Champions.

1. Misi Balas Dendam Liverpool

Real Madrid vs Liverpool

Fakta terakhir menjadi yang harus diwaspadai Real Madrid. Pasalnya, Mohamed Salah sudah mengobarkan ambisi dan tekad besarnya untuk berhadapan dengan Real Madrid di final Liga Champions.

Usai membawa Liverpool ke final, Mohamed Salah menyampaikan keinginan lebih ingin menghadapi Real Madrid ketimbang Manchester City di final Liga Champions 2021-2022. Pernyataan Salah pun langsung mencuri perhatian.

Setelah hal itu terwujud, Los Blancos -julukan Real Madrid- pun wajib waspada dengan misi balas dendam Salah. Sebab sebelumnya, Liverpool dan Real Madrid juga pernah bertemu di babak final Liga Champions 2017-2018.

Sayangnya, The Reds gagal merebut trofi Liga Champions usai dikalahkan oleh Real Madrid dengan skor 1-3. Kini, Liverpool siap membalas dendam itu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini