Share

Menang dari Persita, Persipura Jayapura Resmi Terdegradasi di Liga 1 2021-2022

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2022 17:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 31 49 2571109 menang-dari-persita-persipura-jayapura-resmi-terdegradasi-di-liga-1-2021-2022-7tVng0Hvpx.jpg Persita Tangerang vs Persipura Jayapura. (Foto: Instagram/liga1match)

DENPASAR – Persipura Jayapura dipastikan terdegradasi dari Liga 1 2021-2022 sekali pun berhasil memetik tiga poin usai menang 3-0 atas Persita Tangerang pada Kamis (31/3/2022) sore WIB. Kemenangan itu menjadi tak berarti lantaran di laga lainnya, PSS Sleman mampu menang 2-0 atas Persija Jakarta, sementara Barito Putera meraih hasil imbang kontra Persib Bandung.

Dengan hasil tiga laga di atas, Persipura menjadi tim yang menghuni peringkat ke-16 atau posisi terakhir dari zona degradasi. Tentunya hasil itu cukup mengecewakan jika melihat perjuangan Persipura di laga terakhir mereka di musim ini tersebut.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Persita Tangerang vs Persipura Jayapura (Instagram/liga1match)

Sejak pertandingan dimulai, kedua tim masih cukup berhati-hati dalam berupaya melakukan serangan. Setelah sepuluh menit laga berlangsung, Persipura berhasil menemukan tempo permainan yang cukup baik untuk menggempur Persita.

Meski cukup tertekan, Persita mampu melakukan beberapa serangan balik yang cukup membahayakan Persipura. Namun, Tim Mutiara Hitam mampu menghalau upaya Persita untuk menciptakan keunggulan.

Pada menit ke-21, Persipura akhirnya mampu menciptakan keunggulan yang dihasilkan oleh Yohanes Pahabol memanfaatkan umpan yang diberikan oleh Elisa Yahya. Gol tersebut membuat persipura unggul 1-0.

Setelah terus melakukan upaya, Persipura berhasil menggandakan keunggulan di menit ke 33 setelah bek Persita melakukan kesalahan. Yohanes Pahabol pun langsung merebut bola dan memberikan umpan untuk Yevhen Bokhasvili untuk mencetak gol kedua.

Di lima menit terakhir, Shin Yeong Bae berhasil mencetak gol bagi Persita untuk memperkecil ketertinggalan. Namun, dirinya terjebak offside sehingga wasit menganulir gol tersebut. Persipura pun unggul 2-0 hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Persita Tangerang vs Persipura Jayapura (Instagram/liga1match)

Di awal babak kedua, Persipura mampu memberikan perlawanan yang sangat baik untuk mempertahankan keunggulan. Setelah terus mengalami kesulitan, Persita pun melakukan beberapa perubahan.

Meski telah melakukan perubahan, Persita masih belum menemukan pola yang tepat untuk bisa memperkecil ketertinggalan. Di sisi lain, Persipura mampu mempertahankan agresifitasnya untuk menciptakan peluang.

Hasilnya, Persipura mampu semakin meninggalkan Persita di menit ke-81 setelah Ramiro Fergonzi mampu memanfaatkan umpan dari Gunansar Mandowen setelah lini pertahanan Persita sangat kesulitan. Persipura pun kini unggul 3-0.

Hingga akhir pertandingan, Persita pun tidak mampu memperkecil ketertinggalannya dari Persipura. Hasilnya Tim Mutiara Hitam berhasil memenangkan pertandingan tersebut dengan skor akhir 3-0.

Sayangnya, kemenangan tersebut tidak mampu menyelamatkan Persipura dari zona degradasi. Pasalnya di pertandingan lain, Barito Putera mampu mengimbangi Persib Bandung dan menyelamatkan posisinya di Liga 1.

Berikut Susunan Pemain:

Persita Tangerang (4-2-1-3): Rendy Oscario; M Edo Febriansyah, Obet Choiri, Dedy Gusmawan, Muhammad Toha; Ricky Ariansyah, Shin Yeong Bae; Harrison Cardoso; Miftahul Hamdi, Ahmad Nur Hardianto, M Kasim Botan.

Pelatih: Widodo Cahyono Putro.

Persipura Jayapura (4-1-2-3): Dede Sulaiman; Wulf Koronia Horota, Brian Fatari, Israel Wamiau, Yustinus Paew; Nelson Alom; Takuya Matsunaga, Elisa Yahya Basna; Yohanes Pahabol, Yevhen Bokhasvili, Ramiro Fergonzi.

Pelatih: Alfredo Vera.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini