Share

5 Calon Pengganti Josep Guardiola di Manchester City, Nomor 1 Mantan Tangan Kanannya

Andika Pratama, Okezone · Minggu 27 Maret 2022 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 27 45 2568483 5-calon-pengganti-josep-guardiola-di-manchester-city-nomor-1-mantan-tangan-kanannya-aQc2O272jd.jpg Lima calon pengganti Josep Guardiola di Manchester City (Foto: Reuters)

JOSEP Guardiola memiliki kontrak hingga 30 Juni 2023 di Manchester City. Meski begitu, hingga kini, Guardiola belum juga menandatangani kontrak baru bersama Man City.

Jika Guardiola pergi, Man City harus mempersiapkan pelatih anyar untuk mengisi posisi yang ditinggalkan juru taktik asal Spanyol itu. Melansir dari Sportskeeda, Minggu (27/3/2022), berikut lima calon pengganti Guardiola di Man City:

5. Graham Potter

Graham Potter (Foto: Reuters)

Daftar ini akan dimulai dengan Graham Potter yang kini menukangi Brighton & Hove Albion. Graham Potter mungkin baru memiliki satu trofi dalam lemarinya, tetapi itu tidak menandakan dia pelatih yang buruk.

Sebab, bersama Brighton, Graham Potter mampu memainkan sepakbola indah sesuai kapasiatas skuadnya. Jika memiliki pemain-pemain berkualitas, seperti skuad Man City, Graham Potter berpeluang mengukir prestasi yang lebih baik.

Selain itu, Brighton asuhan Graham Potter pun pernah dipuji Guardiola. Menurut Guardiola, Brighton adalah salah satu tim yang tidak bertahan saat bersua Man City.

4. Patrick Vieira

Patrick Vieira (Foto: Istimewa)

Selanjutnya, ada legenda Arsenal, Patrick Vieira, yang kini melatih Crystal Palace. Karier kepelatihan Vieira belum menghasilkan trofi apa pun, tetapi, dia bekerja cukup baik pada tahun pertamanya sebagai juru taktik Palace. Bersamanya, Palce menduduki posisi ke-12 klasemen sementara dengan koleksi 29 poin.

Selain itu, Palace asuhan Vieira pun mengukir catatan bagus atas Man City racikan Guardiola. Sebab, Palace tidak terkalahkan saat bersua Man City dengan torehan satu menang dan satu imbang.

3. Julian Nagelsmann

Julian Nagelsmann (Foto: Reuters)

Posisi ketiga ditempati oleh juru taktik muda Bayern Munich, Julian Nagelsmann. Dengan umurnya yang baru 34 tahun, Nagelsman disebut sebagai pelatih muda berbakat. Oleh sebab itu, dia dipekerjakan oleh Bayern.

Musim pertama Nagelsman bersama Bayern pun berjalan baik. Die Roten masih berpeluang untuk menjadi juara Liga Jerman dan Liga Champions. Pasukan Naglesmann hanya gugur di DFB Pokal.

Namun, Man City akan kesulitan untuk membawa Nagelsman keluar dari Bayern dalam waktu dekat. Sebab, kontraknya masih tersisa amat panjang, yaitu hingga 30 Juni 2026.

2. Luis Enrique

Luis Enrique (Foto: Reuters)

Nama selanjutnya adalah Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique. Seperti Guardiola, Enrique adalah pelatih yang menekankan permainannya pada penguasaan bola. Persamaan itu hadir karena mereka merupakan mantan pemain dan pelatih Barcelona.

Seperti Guardiola yang sukses bersama Barcelona sebagai pemain dan pelatih, Enrique pun mengukir catatan serupa. Usai memimpin Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022, Enrique mungkin bisa kembali melatih klub dengan menangani Man City.

1. Mikel Arteta

Mikel Arteta (Foto: Reuters)

Posisi pertama ditempati oleh Mikel Arteta yang merupakan mantan asisten pelatih Guardiola di Man City. Sejak Desember 2019, Arteta menapaki karier sebagai juru taktik Arsenal usai bekerja bersama Guardiola di Man City (2016-2019).

Sempat mengalami pasang-surut bersama Arsenal, Arteta kini menuai hasil bagus bersama The Gunners. Arsenal asuhan Arteta bahkan berpeluang besar finis di empat besar Liga Inggris usai sempat terpuruk pada awal musim ini.

Menilik perubahan Arsenal di bawah Arteta, namanya pun masuk dalam daftar ini. Sebagai mantan tangan kanan Guardiola, Arteta diyakini bisa meneruskan pekerjaan kompatriotnya itu di Etihad Stadium.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini