Share

Penyebab Pelatih Persib Bandung Dapat Kartu Kuning di Laga Lawan Persija Jakarta

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Rabu 02 Maret 2022 05:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 02 49 2554973 penyebab-pelatih-persib-bandung-dapat-kuning-di-pertandingan-lawan-persija-jakarta-cAseYDKPh4.jpg Pertandingan Persija vs Persib di Liga 1 2021-2022 (Foto: Liga Indonesia Baru)

PELATIH Persib Bandung, Robert Alberts, diganjar kartu kuning oleh wasit, pada pertengahan babak kedua lanjutan Liga 1 2021-2022 kontra Persija Jakarta, Selasa, 1 Maret 2022 malam WIB. Hal tersebut membuat Robert Alberts heran, atas tindakan wasit kepadanya. 

Sebagaimana diketahui, hujan kartu kuning sempat terjadi di laga klasik Liga Indonesia itu. Total sebanyak 10 kartu kuning dikeluarkan sang pengadil di pertandingan yang berhasil dimenangkan Persib Bandung 2-0 atas Persija Jakarta itu.

Robert Alberts

Rinciannya, empat kartu kuning dikeluarkan wasit untuk Persija. Tiga di antaranya diberikan kepada para pemain, yaitu Andritany Ardhiyasa, Ichsan Kurniawan, dan Makan Konate. Bukan hanya para pemain, salah satu ofisial Persija, Bambang Pamungkas juga mendapat kartu kuning.

Di sisi lain, pengadil lapangan, mengganjar Persib dengan enam kartu kuning. Lima di antaranya diberikan kepada para pemain, yaitu Victor Igbonefo, Marc Klok, Henhen Herdiana, Beckham Putra, dan Frets Butuan.

Sementara itu, satu kartu kuning lainnya diberikan kepada pelatih Persib, Robert Alberts. Pelatih asal Belanda itu diganjar kartu kuning ketika pertengahan babak kedua.

Kartu kuning untuk Robert Alberts ini cukup menuai tanda tanya. Sebab, jika dilihat dari tayangan di televisi tidak terlalu jelas apa yang jadi penyebabnya.

Mengenai hal tersebut, Robert Alberts pun angkat suara soal kartu kuning yang diterimanya. Ia mengaku kepemimpinan wasit membuatnya heran.

Pasalnya, ia diganjar kartu kuning lantaran ada pemain Persib yang tidak di masuk dalam skuad, menyaksikan pertandingan dari tribun penonton, yang berteriak mengomentari wasit. Tindakan pemain tersebut dianggap mengganggu oleh sang wasit.

Persija vs persib

“Salah satu pemain kita yang ada di tribun atas bicara dengan bahasa Indnesia, yang saya tahu (berteriak) 'bagus wasit'," kata Robert.

Tak lama berselang, wasit kemudian berbalik arah dan menghampiri Robert. Wasit mengganjar Robert dengan kartu kuning kepadanya.

"Katanya pemain saya di atas mengganggu penampilan saya. Saya tidak tahu siapa yang di atas (berteriak), maka saya yang kena (kartu kuning). Saya dapat kartu kuning karena itu,” tutur Robert.

Pria 67 tahun itu menganggap alasan yang diberikan cukup membuatnya heran. Bahkan, sepanjang kariernya, ia mengaku, baru kali ini diganjar kartu kuning dengan alasan seperti itu.

“Ini pengalaman sangat menarik buat saya. Jika ingat tentang itu, saya masih tertawa," cetus Robert.

Di ballik kontroversi kartu kuning, Persib Bandung berhasil menuai kemenangan. Hasil positif tersebut membawa mereka melesat ke posisi kedua, dengan torehan 57 poin. David Da Silva dan kolega hanya terpaut tiga angka, dari pemimpin klasemen Liga 1 2021-2022 sementara, Bali United.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini