Share

Penyebab Thomas Tuchel Mainkan Kepa Arrizabalaga di Adu Penalti Laga Chelsea vs Liverpool

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Senin 28 Februari 2022 05:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 28 45 2554005 penyebab-thomas-tuchel-mainkan-kepa-arrizabalaga-di-adu-penalti-laga-chelsea-vs-liverpool-35EoZoeyAa.jpg Kepa Arrizabala gagal penalti di final Piala Liga Inggris 2021-2022 Chelsea vs Liverpool. (Foto: REUTERS/John Sibley)

PENYEBAB Thomas Tuchel mainkan Kepa Arrizabalaga di adu penalti laga Chelsea vs Liverpool akan dibahas dalam artikel ini. Sebelum membahas Kepa Arrizabalaga, kita bahas sedikit jalannya pertandingan Chelsea vs Liverpool yang merupakan final Piala Liga Inggris 2021-2022.

Dalam pertandingan itu, Chelsea dan Liverpool harus bermain hingga babak adu penalti. Hal itu menyusul skor 0-0 yang didapat setelah melewati 90 menit dan babak tambahan waktu 30 menit.

Kepa Arrizabalaga

Sebelum babak adu penalti dimulai, Thomas Tuchel memutuskan memasukkan Kepa Arrizabalaga. Ia menggantikan Edouard Mendy yang tampil baik selama 120 menit.

Namun, hasil tak sesuai dengan harapan. Bahkan, seluruh 11 pemain Liverpool berhasil menjebol gawang kawalan Kepa Arrizabalaga. Lebih fatal lagi, justru Kepa Arrizabalaga yang menjadi biang kegagalan Chelsea.

Menjadi eksekutor ke-11 Chelsea, tendangan Kepa Arrizabalaga justru melambung. Thomas Tuchel pun mengaku jika keputusan memasukkan sang pemain karena mengingat rekor apiknya dalam menahan tendangan penalti.

“Kami sebelumnya pernah melakukannya bersama Kepa. Ia sedikit lebih baik dalam menyelamatkan tendangan penalti (ketimbang Mendy). Karena itu, saya mengambil keputusan tersebut,” kata Tuchel dikutip BBC.

Thomas Tuchel menilai jarang ada 11 pemain yang harus melakukan eksekusi penalti. Dia ia menyangka jika akhirnya Kepa Arrizabalaga harus ikut serta dalam menendang di adu penalti.

Liverpool juara Piala Liga Inggris 2021-2022

(Liverpool juara Piala Liga Inggris 2021-2022)

“Sangat tidak biasa hingga 11 pemain harus menendang. Iasedikit terlalu cepat ketika melakukannya. Terkadang, hal seperti ini dapat menjadi senjata makan tuan. Tetapi, keputusan itu harus dibuat,” ujarnya.

Dalam laga tersebut, Liverpool menang 11-10 atas Chelsea via adu penalti dan berhak atas gelar juara Piala Liga Inggris 2021-2022. Berkat kemenangan ini, Liverpool sah sebagai klub tersukses di ajang Piala Liga Inggris dengan koleksi Sembilan trofi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini