Share

Pratama Arhan Gabung Klub Liga Jepang Tokyo Verdy, Asisten Shin Tae-yong Beri Saran

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Rabu 16 Februari 2022 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 16 51 2548194 pratama-arhan-gabung-klub-liga-jepang-tokyo-verdy-asisten-shin-tae-yong-beri-saran-p95N85F6Pz.jpg Pratama Arhan segera merapat ke Tokyo Verdy (Foto: Instagram/@levelupasia)

ASISTEN pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Nova Arianto menyampaikan wejangan kepada Pratama Arhan yang hendak berkarier di Liga Jepang bersama Tokyo Verdy. Nova Arianton ingin bintang Timnas Indonesia itu bekerja keras dan terus fokus, karena berkarier di luar negeri bukan perkara mudah.

Sebagaimana diketahui, Pratama Arhan baru saja diboyong Tokyo Verdy dari PSIS Semarang. Pemain berposisi sebagai bek kiri tersebut didatangkan dengan status bebas transfer.

Pratama Arhan

Nova Arianto turut senang dan bangga, karena adalagi pemain Indonesia yang bisa berkarier di luar negeri. Pria berusia 43 tahun itu mengungkapkan harapan dan pesan-pesan untuk Pratama Arhan selama membela tim kasta kedua Liga Jepang tersebut.

“Yang pasti pertama bangga sekali, pemain Indonesia bisa bermain di luar negeri, menyusul Egy dan lainnya,” kata Nova kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (16/2/2022).

“Saya selalu berpesan kepada mereka agar selalu fokus dan kerja keras selama di luar, karena tidak akan mudah, karena mereka harus jauh dari keluarga dan teman,” sambungnya.

Lebih lanjut, Nova Arianto berharap, agar Pratama Arhan bisa terus fokus dengan karier sepak bolanya, juga tidak terpengaruh hal lain, yang bisa mengganggu karier profesionalnya.

“Jangan sampai hal di luar sepak bola mengganggu fokus mereka, cukup fokus dengan perkembangan karier mereka dan buat bangga bangsa Indonesia,” tuturnya..

Pratama Arhan

Kepastian Pratama Arhan menembus Liga Jepang menambah daftar pemain Indonesia yang berkarier di luara negeri. Sebelumnya, sudah ada nama duo FK Senica, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman. Kemudian, Asnawi Mangkualam yang sudah lebih dulu berseragam Ansan Greeners.

Arhan Pratama juga bukan pemain Indonesia pertama yang memanaskan persaingan di Liga Jepang. Sebelumnya sudah ada Ricky Yacobi bermain untuk Matsushita SC.

Selain itu, Irfan Bachdim yang kini berseragam Persis Solo, juga pernah merumput di Negeri Sakura. Irfan Bachdim, sempat membela Ventforet Kofu dan Hokkaido Consadole Sapporo. Kemudian, ada pula Stefano Lilipaly yang juga membela Consadole Sapporo pada 2014.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini