Share

Penuh Drama, Ini Kronologi 12 Pemain Persebaya Surabaya Dinyatakan Positif Covid-19

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 03 Februari 2022 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 03 49 2541726 penuh-drama-ini-kronologi-12-pemain-persebaya-surabaya-dinyatakan-positif-covid-19-kzKUJv56rR.jpg PSIS Semarang vs Persebaya Surabaya. (Foto: Instagram/psisfcofficial)

SURABAYA – Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, menceritakan kronologi 12 pemainnya yang dinyatakan positif Covid-19. Dalam ceritanya tersebut, Aji mengaku baru tahu bahwa sejumlah pemainnya tak bisa diturunkan melawan PSIS Semarang pada laga lanjutan Liga 1 2021-2022 itu sehari sebelum pertandingan berlangsung.

Alhasil, di pertandingan yang berlangsung Rabu 2 Februari 2022 malam WIB, Persebaya hanya bermain dengan 11 pemain inti, ditambah tiga pemain tengah dan satu penjaga gawang di bangku cadangan. Jadi, total Persebaya hanya membawa 15 pemain saja saat melawan PSIS.

“Hasil tes Covid ternyata kami memiliki pertamanya 14 pemain yang positif, diulang lagi menjadi 12 pemain, sehingga bisa menjalankan pertandingan, karena minimal 14 pemain aturannya (untuk tetap bis bertanding) dan kita memiliki pemain 15,” ucap Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso, saat konferensi pers pada Kamis (3/2/2022).

PSIS Semarang vs Persebaya Surabaya

Pelatih kelahiran Malang itu memaparkan situasi sulit yang dialami timnya dari sehari sebelumnya pertandingan hingga beberapa jam jelang pertandingan. Pasalnya pasca dinyatakan 12 pemainnya positif berdasarkan hasil tes, ia terpaksa membatalkan meeting atau rapat membahas strategi dan komposisi pemain. Padahal tradisi itu biasanya sering ia lakukan di H-1 pertandingan.

“Biasanya kami sehari sebelum pertandingan ada meeting kami tunda, karena semua pemain dalam kondisi yang banyak Covid, bahkan meeting pertandingan pun mesti harus menunggu keputusan setelah tes ulang,” sambung Aji.

Persebaya terpaksa menunggu keputusan bermain atau tidak hanya beberapa jam sebelum pertandingan, tepatnya pada Rabu sore 2 Februari 2022. Hal itu diakui Aji sempat membuat mental dan kondisi psikologis terlihat terganggu saat meeting di sore hari sebelum laga bermain melawan PSIS.

“Jadi dari pagi kami melakukan meeting lagi jam 5 (sore di hari H pertandingan, red), baru bisa meeting. Saya meeting tadi setelah menunggu keputusan bahwa kita dimainkan. Ketika di ruangan meeting pun, juga saya lihat pasti ada sedikit pengaruh buat psikologis pemain,” lanjut Aji.

Aji Santoso

“Karena 12 pemain yang enggak bisa main. Saya sangat yakin pemain juga sedikit emosi, mentalnya turun dengan kondisi seperti ini. Tapi Alhamdulillah kami tidak kalah, walaupun menurut saya sebenarnya bisa mendapat kemenangan,” imbuhnya.

Dengan hanya 15 pemain yang dibawa, Persebaya kesulitan untuk menang, namun PSIS pun jug tak bisa memanfaatkan kesempatan tersebut. Alhasil, laga berakhir tanpa ada gol alias sama kuat 0-0.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini