Share

5 Hal yang Dibenci Shin Tae-yong Selama Tangani Timnas Indonesia, Nomor 1 Bikin Deddy Corbuzier Minta Maaf

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 25 Januari 2022 09:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 51 2537289 5-hal-yang-dibenci-shin-tae-yong-selama-tangani-timnas-indonesia-nomor-1-bikin-deddy-corbuzier-minta-maaf-YFWvhfKAg0.jpg Berikut 5 hal yang dibenci Shin Tae-yong. (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

SEBANYAK 5 hal yang dibenci Shin Tae-yong selama menangani Timnas Indonesia akan dibahas dalam artikel ini. Juru taktik berpaspor Korea Selatan ini memiliki sejumlah pantangan.

Pantangan ini tak hanya di dalam lapangan, namun juga di luar arena. Lantas, apa saja yang dibenci Shin Tae-yong?

Berikut 5 hal yang dibenci Shin Tae-yong:

5. Pemain Indispliner

Serdy Ephy Fano

(Serdy Ephy Fano dua kali dicoret Shin Tae-yong)

Shin Tae-yong beberapa kali memulangkan pemain dari pemusatan latihan Timnas Indonesia karena dinilai indispliner. Beberapa di antaranya Serdy Ephy Fano, Nurhidayat Harris dan Yudha Febrian.

BACA JUGA: 5 Pemain U-23 yang Jadi Andalan Shin Tae-yong di Laga Timnas Indonesia vs Timor Leste, Nomor 1 Diburu Klub Turki

Bahkan untuk Serdy Ephy Fano, pemain yang kini merumput bersama Borneo FC ini dua kali dicoret Shin Tae-yong dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19.

4. Salah Passing

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong kesal bukan ketika melihat pemain-pemain Timnas Indonesia salah passing. Video Shin Tae-yong marah-marah kepada pemain Timnas Indonesia yang salah passing pun viral di media sosial pada medio November 2021.

“Kalian tidak fokus! Sudah disuruh satu sentuh! Passing yang benar dulu baru lari,” kesal Shin Tae-yong dalam video viral yang beredar.

3. Pemain Lambat

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong kesal pemain dan staf pelatih lokal yang disebutnya lambat. Namun, kini para pemain dan staf pelatih langsung gerak cepat setelah mendapat kritik Shin Tae-yong.

“Saya pikir orang Indonesia pada dasarnya memiliki sifat yang baik karena iklimnya sangat baik dan tanahnya subur. Mereka juga tidak ada kesulitan untuk makan, jadi orang-orangnya cenderung santai,” kata Shin Tae-yong saat diwawancara kanal YouTube Myeongjangdeul, Okezone mengutip dari akun BAL.

“Pelatih dan staf turun dari bus dan masuk ke lapangan. Dalam waktu 1-2 menit mereka berdiri menunggu pemain datang. Tapi, mereka masih ngobrol dan tidak berniat ke lapangan,” cerita Shin Tae-yong,

“Menurut saya tidak bisa terus seperti itu. Harus diubah. Mengubah kebiasaan itu membekas bagi saya,” lanjut pelatih berusia 51 tahun tersebut.

2. Mental Turun

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong kesal ketika tahu pemain Timnas Indonesia mengalami penurunan mental kelar Piala AFF 2020. Karena itu, jelang laga Timnas Indonesia vs Timor Leste, Shin Tae-yong mencoba kembali menaikkan mental Ricky Kambuaya dan kawan-kawan.

"Kondisi para pemain baik, tetapi setelah Piala AFF para pemain kembali ke klub, dan mentalnya sedikit menurun," kata Shin Tae-yong di youtube PSSI, Senin(23/1/2022).

1. Bahas Korea Utara

Shin Tae-yong

Ketika hadir di Podcast Deddy Corbuzier, Shin Tae-yong diajak bercanda sang tuan rumah. Di satu momen, Deddy Corbuzier melontarkan candaan ke Shin Tae-yong. Ia menawarkan bagaimana jika PSSI menggunakan ahli gizi asal Korea Utara untuk membantu kerja Shin Tae-yong yang berasal dari Korea Selatan.

“Saya punya ide. Kita kan punya pelatih Timnas Indonesia dari Korea Selatan. Kita pakai pakar nutrisi dari Korea Utara,” kata Deddy Corbuzier mengutip dari akun YouTube-nya, Rabu (12/1/2022).

Namun, candaan Deddy Corbuzier ternyata tak direspons positif oleh Shin Tae-yong. Pelatih 51 tahun itu malahan mengeluarkan kalimat yang terkesan marah, meski disampaikan dengan mimik wajah tersenyum.

“Lawakan sepeti itu tidak boleh dibiasakan,” kata Shin Tae-yong sambil tersenyum.

Shin Tae-yong kesal karena situasi politik Korea Selatan dan Korea Utara memang tak akur dalam beberapa puluh tahun terakhir. Tahu membuat kesalahan, Deddy Corbuzier pun meminta maaf.

“Pertama-tama saya mau klarifikasi dulu. Saya mohon maaf karena kemarin ramai pada saat saya wawancara dengan Coach Shin karena katanya saya bercandanya tentang Korea Utara ke orang Korea Selatan,” kata Deddy Corbuzier di Podcast-nya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini