Share

5 Pemain U-23 yang Jadi Andalan Shin Tae-yong di Laga Timnas Indonesia vs Timor Leste, Nomor 1 Diburu Klub Turki

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 25 Januari 2022 08:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 51 2537258 5-pemain-u-23-yang-jadi-andalan-shin-tae-yong-di-laga-timnas-indonesia-vs-timor-leste-nomor-1-diburu-klub-turki-JCC3dJkvZs.jpg Lima pemain U-23 yang bisa jadi andalan Shin Tae-yong saat bersua Timor Leste (Foto: PSSI)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia akan melawan Timor Leste dalam FIFA matchday di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, 27 dan 30 Januari 2022. Sejumlah pemain pun dipersiapkan untuk menghadapi laga uji coba tersebut.

Beberapa pemain U-23 bahkan diprediksi akan menjadi andalan Shin Tae-yong dalam laga itu. Berikut lima pemain U-23 yang bisa jadi andalan Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia bentrok dengan Timor Leste:

5. Rachmat Irianto

Rachmat Irianto (Foto: AFF Suzuki Cup)

Daftar ini dimulai dengan kapten Persebaya Surabaya, Rachmat Irianto. Anak dari Bejo Sugiantoro ini adalah andalan Shin Tae-yong di lini tengah Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Bermain sebagai gelandang jangkar, Irianto menjadi orang pertama yang memutus serangan lawan.

Selain main sebagai gelandang bertahan, pemuda 22 tahun itu juga piawai untuk mengisi posisi bek tengah. Meski lebih banyak membantu pertahanan, Irianto mampu mencetak dua gol melalui kepalanya di Piala AFF 2020.

4. Pratama Arhan

Pratama Arhan (Foto: PSSI)

Selanjutnya ada bek kiri PSIS Semarang, yaitu Pratama Arhan. Pemain berumur 20 tahun itu benar-benar mencuat di Piala AFF 2020. Dia bahkan menjadi pemain muda terbaik di turnamen tersebut.

Pratama mencuri perhatian karena mampu menyerang dan bertahan dengan sama baiknya. Selain itu, dia juga punya kemampuan khusus, yaitu lemparan ke dalam yang sangat jauh. Kemampuan khusus Pratama itu kerap menciptakan kemelut di kotak penalti lawan.

3. Ramai Rumakiek

Ramai Rumakiek (Foto: PSSI)

Ramai Rumakiek adalah salah satu pemain yang mencuri perhatian di Piala AFF 2020. Meski tidak selalu menjadi pilihan pertama Shin Tae-yong, sayap kanan Persipura Jayapura berumur 19 tahun itu selalu tampil maksimal saat mendapatkan kepercayaan.

Ramai kerap menjadi masalah bagi pertahanan lawan karena kecepatan dan kemampuan individunya. Kehebatan Ramai tentu diharapkan kembali tersaji saat bersua Timor Leste.

2. Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan (Foto: PSSI)

Posisi kedua dalam daftar ini diisi oleh pemain muda Persebaya Surabaya, Merselino Ferdinan. Gelandang serang berumur 17 tahun itu tampil sangat baik di Liga 1 2021-2022. Bagaimana tidak, dia sudah mencatatkan empat gol dan lima assist dalam 15 penampilan untuk Persebaya.

Menilik performa Ferdinand sekarang, wajar jika media Inggris The Guardian memasukkan namanya dalam daftar 40 pemain muda terbaik dunia di 2021. Kualitas Ferdinan bisa menjadi andalan Timnas Indonesia saat bersua Timor Leste.

1. Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh (Foto: PSSI)

Penyerang 17 tahun milik Madura United, Ronaldo Kwateh, ada di posisi pertama. Dia belum lama ini baru mendapatkan panggilan untuk menjalani tugas internasional. Akan tetapi, Ronaldo tidak ikut ambil bagian di Piala AFF 2020.

Pemain keturunan Liberia ini berposisi asli sebagai sayap kanan. Meski begitu, dia diyakini memiliki kemampuan untuk mencetak gol yang lumayan baik sebagai ujung tombak.

Sejauh ini, Ronaldo sudah tampil sembilan kali untuk Madura United di Liga 1 2021-2022. Dia juga mencatatkan tiga penampilan di Piala Menpora 2021.

Uniknya, Ronaldo sempat ukeran nomor WhatsApp (WA) dengan pria yang diduga Presiden klub Turki, Antalyaspor, yakni Aziz Cetin, pada awal Desember 2021. Ini diketahui dari video yang diunggah akun Instagram, @footballnoise. Saat itu, Ronaldo sedang mengikuti pemustan latihan dengan Timnas Indonesia U-18 di Turki.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini