Share

Pemain Jadi Buronan Bank Penyebab Malaysia Dihancurkan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 08:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 51 2536686 pemain-jadi-buronan-bank-penyebab-malaysia-dihancurkan-timnas-indonesia-di-piala-aff-2020-k85uZyw1TC.jpg Penyebab Timnas Malaysia dihancurkan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, salah satunya karena kesejahtreraan pemain. (Foto: Twitter/@FAM_Malaysia)

PEMAIN jadi buronan bank merupakan salah satu penyebab Malaysia dihancurkan Timnas Indonesia 1-4 di matchday pamungkas Grup B Piala AFF 2020. Hal itu sesuai temuan badan investigasi independen yang dibentuk Federasi Sepakbola Malaysia (FAM).

Sekadar diketahui, Harimau Malaya –julukan Malaysia– gagal total di Piala AFF 2020. Sejatinya, skuad asuhan Tan Cheng Hoe tampil meyakinkan dalam dua laga awal.

Timnas Malaysia

Saat itu, Safawi Rasid dan kawan-kawan menang 3-1 atas Kamboja dan menumbangkan Laos 4-0. Namun, dalam dua laga terakhir fase grup, Timnas Malaysia jadi bulan-bulanan Vietnam dan Timnas Indonesia.

Timnas Malaysia dihajar Vietnam 0-3 dan Timnas Indonesia 1-4. Alhasil, Timnas Malaysia gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2020.

Kelar turnamen, ketua umum FAM membentuk tim investigasi independen atas kegagalan skuad Harimau Malaya di Piala AFF 2020. Tim investigasi independen tersebut melapor langsung ke presiden FAM, Datuk Hamidin Mohd Amin. Lantas, siapa saja anggota dari investigasi independen tersebut?

Ketua tim investigasi dipimpin mantan Kepala Kepolisian Kuala Lumpur, Datuk Dell Akbar Khan. Untuk menjaga integritas dari tim tesebut, Datuk Dell Akbar Khan tak boleh menunjuk anggota FAM saat ini.

BACA JUGA: Bukan Ikut-ikutan Indonesia, FAM Beberkan Alasan Tunjuk Pelatih asal Korea Selatan untuk Pimpin Timnas Malaysia

Sekira dua pekan bertugas, Datuk Dell Akbar Khan sudah menemukan sejumlah penyebab kenapa Malaysia gagal total di Piala AFF 2020. Menurut laporan New Straits Times, sederet penyebab itu adalah absennya pemain inti, waktu persiapan mepet, kemampuan pemain, keharmonisan tim dan kesejahteraan pemain.

Soal poin terakhir, ada pemain Timnas Malaysia yang kesejahteraannya sedang bermasalah. Ia adalah sang penjaga gawang, Khairul Fahmi Che Mat.

Khairul Fahmi Che Mat

(Khairul Fahmi jadi buruan bank)

Akibat tak digaji sang klub, Melaka United, dalam tiga bulan terakhir, Khairul Fahmi sampai menjadi buronan bank. Ia diburu bank karena tak sanggup membayar cicilan.

“Sudah tiga bukan kami bungkam. Tapi, pihak bank terus-menerus mengejar kami. Anak istri mau makan,” kata Khairul Fahmi Che Mat di akun media sosialnya, Okezone mengutip dari Harian Metro.

Terlepas dari investigasi yang terus dilakukan, Malaysia baru saja menunjuk pelatih anyar asal Korea Selatan, Kim Pan-gon. Nama Kim Pan-gon sebelumnya akrab dengan pencinta sepakbola Hong Kong karena lebih dari satu dekade berkiprah di sana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini