Share

Bukan Ikut-ikutan Indonesia, FAM Beberkan Alasan Tunjuk Pelatih asal Korea Selatan untuk Pimpin Timnas Malaysia

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Sabtu 22 Januari 2022 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 22 51 2536099 bukan-ikut-ikutan-indonesia-fam-beberkan-alasan-tunjuk-pelatih-asal-korea-selatan-untuk-pimpin-timnas-malaysia-d6bR1umVyu.jpg Pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon. (Foto: Yonhap)

PETALING JAYA – Presiden Federasi Sepakbola Malaysia (FAM), Datuk Hamidin Mohd Amin, membantah kabar bahwa pihaknya mengikuti jejak Tim Nasional (Timnas) Indonesia karena mengambil pelatih asal Korea Selatan, yakni Kim Pan-gon. Kim Pan-gon dipilih karena FAM yakin pelatih tersebut memahami permainan sepakbola Asia, khususnya di Asia Tenggara.

Sebagaimana diketahui, Harimau Malaya –julukan Timnas Malaysia- ditinggal Tan Cheng Hoe yang mengundurkan diri sebagai pelatih kepala. Hal itu terjadi setelah Cheng Hoe gagal total dalam gelaran Piala AFF 2020 lalu.

Kemudian, baru-baru ini FAM memilih Kim Pan-gon sebagai pelatih baru mereka. Tentu saja, penunjukkannya dianggap mengikuti langkah Indonesia yang bisa dibilang meningkat permainannya hingga bisa menembus partai final Piala AFF 2020 usai ditukangi oleh Shin Tae-uong, yang juga berasal dari Korea Selatan.

Baca Juga: Blak-blakan, Media Malaysia Ungkap Kim Pan-gon Pernah Jahati Shin Tae-yong

Kim Pan-gon (FAM)

Namun, Presiden FAM, Datuk Hamidin Mohd Amin, menepis kabar bahwa Malaysia meniru Indonesia. Hamidin mengatakan bahwa penunjukkan tersebut adalah hasil terbaik dari riset yang timnya lakukan.

“Kalau kita ambil pelatih dari Inggris, pasti ada yang bertanya apakah orang Inggris tidak tahu sepakbola kita. Kita juga punya kajian komprehensif sendiri,” kata Hamidin dilansir dari Berita Harian Malaysia, Sabtu (22/1/20222).

“Penilaian kami dia (Kim) yang terbaik dan kami bisa mendapatkan jasanya saat ini. Kami rasa dia paling mumpuni untuk memajukan kami di tingkat ASEAN dan Asia,” imbuhnya.

Selain Indonesia, Timnas Vietnam juga memiliki seorang pelatih yang berasal dari Negeri Gingseng, yakni Park Hang Seo. Sama seperti Indonesia, pasukan Golden Star –julukan Vietnam- terlihat semakin berkembang setelah dilatih oleh entrenador asal Korea Selatan.

Karena itulah, banyak yang menyebut bahwa Harimau Malaya ingin meniru kesuksesan dua tim tersebut. Namun, kini FAM telah menepis kabar tersebut. Sekarang, kita hanya harus menunggu apakah Dion Cools dan kolega bisa berkembang sebagaimana Vietnam dan Indonesia.

Shin Tae-yong

Sebagai tambahan, Kim Pan-gon dikontrak selama dua tahun oleh Malaysia. Namun, kontraknya bisa diperpanjang jika FAM merasa puas dengan performa pasukan Harimau Malaya nanti.

Tentunya penunjukkan Kim Pan-gon semakin memanaskan duel antara Timnas Indonesia dengan Malaysia. Sebab kini kedua pelatih juga akan bersaing untuk membuktikan siapa juru taktik asal Korea Selatan terhebat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini