Share

Blak-blakan, Media Malaysia Ungkap Kim Pan-gon Pernah Jahati Shin Tae-yong

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Sabtu 22 Januari 2022 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 22 51 2536075 blak-blakan-media-malaysia-ungkap-kim-pan-gon-pernah-jahati-shin-tae-yong-cbNnG9NTCt.jpg Pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon. (Foto: Instagram/famalaysia)

KUALA LUMPUR – Tim Nasional (Timnas) Malaysia telah menunjuk pelatih asal Korea Selatan, Kim Pan-gon untuk memimpin Harimau Malaya. Menariknya, disebut-sebut hubungan Kim Pan-gon dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong ternyata tidak terlalu baik meski sama-sama dari Korea Selatan.

Hal itu tak terlepas dari fakta bahwa Shin Tae-yong pernah dijahati Kim Pan-gon saat masih menangani Timnas Korea Selatan. Media Malaysia, Semuanyabola, membeberkan bahwa Kim pernah mengkambinghitamkan Shin Tae-yong.

Cerita bermula ketika Shin Tae-yong masih menjabat sebagai pelatih Timnas Korea Selatan pada 2018 lalu. Ketika itu, dia gagal membawa Son Heung Min dan kolega melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 yang merupakan target dari Federasi Sepakbola Korea Selatan (KFA).

Baca Juga: Kim Pan-gon Jadi Pelatih Timnas Malaysia, Nuansa Korea Selatan Makin Kental di Asia Tenggara

Kim Pan-gon (Yonhap)

Hasil itu didapat setelah Taeguk Warriors –julukan Korsel- kalah 0-1 dari Meksiko, 1-2 dari Swedia dan menang 2-0 kontra Jerman. Alhasil, mereka gagal melaju ke babak selanjutnya.

Kekalahan tersebut tentu membuat rakyat Negeri Gingseng geram. Namun, pihak KFA tak mau disalahkan sehingga membebankan kegagalan tersebut kepada Shin.

Kemudian, Kim yang saat itu berstatus sebagai anggota Komite Khusus KFA, yang bertugas memilih dan memecat pelatih Timnas Korea Selatan, melontarkan komentar pedas kepada Shin Tae-yong. Dia seakan tak menghargai usaha yang telah dilakukan oleh pelatih berusia 51 tahun itu.

"Meskipun Shin Tae Yong mungkin telah bekerja keras, tapi dia tidak menyentuh semua target dasar yang KFA berikan," kata Kim dikutip dari Korea Herald, Sabtu (22/1/2022).

Pada akhirnya, Kim Pan Gon dan jajaran Komite Khusus KFA memecat Shin Tae-yong. Lalu, mereka menunjuk Paulo Bento sebagai gantinya per 17 Agustus 2018.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Tentu saja, sejarah panas kedua pelatih tersebut akan menambah rivalitas yang ada antara Pasukan Garuda dan Harimau Malaya –julukan Malaysia. Pastinya, itu bakal semakin membuat pertandingan Indonesia kontra Malaysia lebih menarik untuk disaksikan.

Kini gengsi tidak hanya akan ada di antara pemain dan timnas saja, tapi antara sesama pelatih juga. Menarik pastinya menantikan duel strategi antra Shin Tae-yong vs Kim Pan-gon.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini