Share

Kim Pan-gon Jadi Pelatih Timnas Malaysia, Nuansa Korea Selatan Makin Kental di Asia Tenggara

Quadiliba Al-Farabi, MNC Media · Jum'at 21 Januari 2022 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 51 2535751 kim-pan-gon-jadi-pelatih-timnas-malaysia-nuansa-korea-selatan-makin-kental-di-asia-tenggara-Hd7wCpkXos.jpg Kim Pan-gon resmi melatih Timnas Malaysia. (Foto: Instagram/@famalaysia)

KUALA LUMPUR – Kim Pan-gon resmi menjadi pelatih Timnas Malaysia. Penunjukan Kim Pan-gon oleh Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM) sebagai pelatih kepala baru tim nasional ini membuat nuansa pelatih Korea Selatan makin kental di Asia Tenggara.

Sebagaimana diketahui, Kim Pan-gon melatih Timnas Malaysia menggantikan posisi Tan Cheng Hoe yang mengundurkan diri awal Januari 2022. Pengumuman secara resmi kehadiran pelatih berusia 53 tahun ini di kursi kepelatihan Timnas Malaysia diumumkan pada Jumat (21/1/2022) siang WIB.

Kim Pan-gon

Kim Pan-gon sendiri sejauh ini menjabat sebagai Direktur Tim Nasional di Asosiasi Sepakbola Korea (KFA). Dia mengemban jabatan itu sejak 2018.

Sebelumnya, Pan-gon juga pernah menjadi pelatih kepala Timnas Hong Kong dari 2009-2010 dan 2012-2017. Pada 2011, dia juga pernah membesut klub Liga Korea, Gyeongnam FC, sebagai asisten pelatih.

BACA JUGA: Pakai Judul Bombastis, Media Malaysia Bongkar Aib Shin Tae-yong di Korea Selatan

Pemilihan Pan-gon dilakukan setelah melalui evaluasi menyeluruh terhadap kandidat dari berbagai negara, termasuk Jepang, negara-negara Eropa dan Amerika Latin, serta dalam negeri. FAM merasa Pan-gon adalah kandidat terbaik berdasarkan pengalamannya yang luas.

BACA JUGA: Profil Kim Pan-gon, Pelatih Timnas Malaysia yang Sekaligus Mantan Bos Shin Tae-yong

Pan-gon diperkirakan tiba di Malaysia pada awal Februari 2022. Dia juga membawa empat asistennya asal Korea yang berposisi sebagai asisten pelatih, pelatih kiper, pelatih kebugaran, dan analis.

Dia dan staf pelatihnya kemudian akan mulai memantau para pemain setelah kompetisi Liga Malaysia 2022 dimulai. Panggilan pertama direncanakan untuk pemusatan latihan pada Maret 2022, sebagai persiapan untuk Kualifikasi Piala Asia 2023.

Dengan pemanggilan ini, negara-negara di Asia Tenggara kian lekat dengan pelatih asal Korea Selatan. Sebelumnya, didahului oleh Indonesia yang menunjuk Shin Tae-yong dan Vietnam dengan Park Hang-seo.

Dua pelatih ini terbukti membawa masing-masing negara berbicara banyak di turnamen tingkat Asia Tenggara maupun Asia. Misalnya saja, Shin Tae-yong yang telah membawa Indonesia menjadi runner-up Piala AFF 2020.

Shin Tae-yong

Sementara untuk Park Hang-seo, dia telah membawa Vietnam menjadi yang terbaik di Asia Tenggara dari 2019. Dia pun mengantarkan tim Bintang Emas -julukan Timnas Vietnam- melesat ke kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Menarik, menantikan adu strategi di antara ketiga pelatih Korea Selatan ini. Tentu yang paling dekat, mereka akan bertarung di ajang kualifikasi Piala Asia 2023.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini