Share

Hasil Piala Afrika 2021: Gilas Nigeria, Tunisia Melenggang ke Perempatfinal

Tino Satrio, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 03:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 51 2536623 hasil-piala-afrika-2021-gilas-nigeria-tunisia-melenggang-ke-perempatfinal-sBNzUgBDle.jpg Laga Timnas Nigeria vs Timnas Tunisia di Piala Afrika 2021. (Foto: Instagram/@ng_supereagles)

HASIL laga Timnas Nigeria vs Timnas Tunisia di babak 16 besar Piala Afrika 2021 sudah diketahui. Timnas Tunisia pun dipastikan sukses melenggang ke babak perempatfinal usai melibas Nigeria dengan skor tipis 1-0.

Bermain di Stade Omnisport Roumde Adjia, Garoua, Senin (24/1/2022) dini hari WIB, Tunisia sudah membuka keunggulan di awal babak kedua. Gol semata wayang itu dicetak oleh Youssef Msakni pada menit ke-47.

Laga Timnas Nigeria vs Timnas Tunisia

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pertandingan pada babak pertama berlangsung dengan sengit. Seperti yang diprediksikan, Nigeria sebagai tim yang diunggulkan mampu menunjukkan dominasinya sejak awal babak.

BACA JUGA: Piala Afrika 2021: Tanpa sang Juara Bertahan, Ini Daftar Negara yang Lolos ke 16 Besar

Mereka tampil cukup percaya diri dan membangun serangannya dari belakang lewat umpan dari kaki ke kaki. Namun, kurangnya kreatifitas di lini tengah membuat skema serangan yang dibangun tampak bingung.

BACA JUGA: Pierre-Emerick Aubameyang Alami Masalah Jantung, Tinggalkan Piala Afrika 2021 Lebih Cepat

Sederet peluang yang didapatkan hanya termentahkan begitu saja. Penyelesaian akhir yang buruk membuat mereka hanya mencatatkan sebiji shot on target dan tak mampu memecahkan kebuntuan.

Di sisi lain, Tunisia juga mengalami hal serupa. Namun Tunisia bukan tanpa perlawanan. Mereka mampu mengimbangi permainan Nigeria dan kerap kali menekan balik untuk membuat peluang.

Sayangnya, kebuntuan kedua kubu membuat skor 0-0 tetap terjaga hingga turun minum. Baik Nigeria dan Tunisia pun harus cepat melakukan evaluasi agar tampil lebih baik di babak kedua.

Babak Kedua

Usai menghela napas di ruang ganti, Tunisia sukses tampil lebih baik setelah jeda turun minum. Mereka berhasil mengembangkan permainannya dan berbalik untuk mendominasi jalannya pertandingan.

Serangan yang dibangun pun nampak lebih efektif. Dan terbukti, mereka mampu memecah kebuntuan dengan cepat pada awal babak pertama ini. Youssef Msakni berhasil memimpin rekan-rekannya unggul 1-0 menit 47'.

Alih-alih tampil menyerang untuk menyamakan kedudukan, Nigeria malah mendapat kesialan. Alex Iwobi harus diusir dari lapangan usai diganjar kartu merah pada menit 66' setelah meninjau VAR.

Alhasil, mereka tak bisa maksimal untuk memanfaatkan sisa waktu yang ada. Mereka harus menelan kekalahan dengan skor 0-1 dan tersingkir dari babak 16 besar Piala Afrika 2021.

Berikut Susunan Pemain Nigeria vs Tunisia:

Nigeria (4-2-3-1): Okoye; Zanusi, Omeruo, TroostEkong, Aina; Ayodele-Aribo, Ndidi; Simon, Iheanacho, Chukwueze; Awonlyl

Tunisia (4-3-3): Ben Said; Drager, Ifa, Talbi, Drager; Laidouni, Skhiri, Ben Slimane; Msakni, Jaziri, Rafia

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini