Share

Piala Afrika 2021: Tanpa sang Juara Bertahan, Ini Daftar Negara yang Lolos ke 16 Besar

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Jum'at 21 Januari 2022 05:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 51 2535461 piala-afrika-2021-tanpa-sang-juara-bertahan-ini-daftar-negara-yang-lolos-ke-16-besar-yTlw7U3ADU.JPG Aksi Mohamed Salah bersama Timnas Mesir di Piala Afrika 2021. (Foto: Reuters)

FASE grup Piala Afrika 2021 akhirnya telah resmi berakhir hari ini, Jumat (21/1/2022). Kini sudah diketahui 16 negara yang memastikan diri melaju ke babak 16 besar untuk memperebutkan gelar paling presitius di benua Afrika tersebut.

Menariknya di tahun ini, di antara 16 negara yang sudah lolos tersebut tidak ada sang juara bertahan Aljazair. Tim yang dibela penggawa Manchester City, Riyad Mahrez itu tersingkir karena hanya mendekam di posisi buncit grup E.

Sementara di grup yang sama, Pantai Gading menjadi sang pemuncak dengan 7 poin dan berhak dapat tiket 16 besar. Diikuti di urutan kedua oleh Guinea Equatorial dengan poin 6.

Baca Juga: Pierre-Emerick Aubameyang Alami Masalah Jantung, Tinggalkan Piala Afrika 2021 Lebih Cepat

Timnas Nigeria vs Timnas Mesir

Sementara di grup A, Kamerun dengan menjanjikan mengakhiri klasemen di urutan pertama. Sementara di urutan kedua ada nama Burkina Faso yang mengemas poin sama dengan Cape Verde di urutan ketiga tapi unggul seisih gol.

Kemudian di grup B, perolehan poin ketat terjadi. Namun tiket 16 besar berhak diterima Senegal sebagai pemuncak grup dengan poin 5 diikuti Guinea dengan poin 4.

Adapun hasil tak mengejutkan terjadi di grup C. Di mana tim dari Achraf Hakimi, Maroko, berhak melaju karena berakhir di pemuncak grup, diikuti oleh Gabon di urutan kedua.

Kemudian di grup D yang dibilang grup neraka, ada nama Nigeria yang meraih hasil sempurna berhak lolos ke babak 16 besar. Sementara di urutan kedua ada Mesir dengan meraih 6 poin.

Adapun kejutan terjadi di grup F di mana tim debutan Gambia berhasil melajut ke babak 16 besar. Mereka berakhir sebagai runner up dengan Mali yang berada di puncak klasemen.

Selain 12 tim itu, juga didapati empat negara yang berhak melaju ke babak 16 besar sebagai peringkat tiga terbaik. Keempat negara itu adalah Cape Verde, Malawi, Comoros, dan Tunisia.

Babak 16 besar Piala Afrika 2022 ini akan digelar mulai Minggu 23 - 27 Januari 2022 mendatang. Adapun pelaknasaannya masih terpusat di stadion-stadion di Kamerun.

Daftar negara lolos 16 besar Piala Afrika 2022:

Juara grup:

Kamerun

Senegal

Maroko

Nigeria

Pantai Gading

Mali

Runner-up grup:

Burkina Faso

Guinea

Gabon

Mesir

Guinea Equatorial

Gambia

Peringkat 3 terbaik:

Cape Verde

Malawi

Comoros

Tunisia

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini